HEADLINE

Purwakarta Gelar Lomba Inovasi Daerah 2024, Dorong Kreativitas Pelajar SMP

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, Bappelitbangda Kabupaten Purwakarta kembali menggelar Lomba Inovasi Daerah yang dikemas dalam program Purwakarta Dalam Inovasi (PADI) Tahun 2024.

Acara yang memasuki tahun kedua ini mengambil tema “Inovasi Meningkatkan Daya Saing Daerah” dan melibatkan partisipasi siswa-siswa SMP dan sederajat guna mendorong budaya kreatif serta inovatif di lingkungan sekolah.

Tema ini sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Purwakarta tahun 2024 yang berfokus pada “Meningkatkan Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing Daerah.”

Dengan menggandeng pelajar SMP, ajang ini bertujuan mengembangkan inovasi yang memiliki manfaat langsung bagi masyarakat maupun sekolah.

Persyaratan Peserta Lomba terbuka bagi seluruh siswa SMP/sederajat baik negeri maupun swasta di Kabupaten Purwakarta.

Setiap sekolah diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu tim, dengan setiap tim terdiri dari maksimal tiga siswa dan satu guru pendamping.

Karya yang diajukan harus merupakan inovasi baru atau pengembangan dari inovasi sebelumnya yang telah diimplementasikan maksimal dua tahun terakhir.

Baik inovasi digital maupun non-digital dapat diajukan, dengan catatan karya tersebut adalah asli dan belum pernah menjadi pemenang di ajang serupa.

Tahapan Lomba dan Hadiah

Tahapan Lomba dan Hadiah Proses lomba dimulai dengan pengumpulan karya inovasi berupa paper yang berisi ringkasan latar belakang masalah, jenis inovasi, manfaat, dampak, penerapan, dan keberlanjutan inovasi.

Karya tersebut harus diserahkan paling lambat 14 Oktober 2024 melalui tautan yang telah disediakan oleh panitia.

Seleksi administrasi akan diumumkan pada 16 Oktober 2024. Para peserta yang lolos seleksi administrasi diwajibkan mengirimkan video inovasi dengan durasi maksimal 5 menit.

Babak final akan berlangsung pada 28-31 Oktober 2024, di mana para finalis harus mempresentasikan karya inovasinya di hadapan dewan juri.

Para pemenang akan diumumkan pada puncak acara Penganugerahan PADI yang dijadwalkan pada Minggu kedua November 2024.

Juara pertama, kedua, dan ketiga akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai total senilai Rp15 juta, plakat, serta sertifikat penghargaan.

Lomba Inovasi Daerah ini diharapkan dapat melahirkan solusi-solusi inovatif yang dapat diterapkan secara berkelanjutan di sekolah maupun masyarakat luas, seiring dengan upaya peningkatan daya saing daerah Purwakarta. (adv/put)

Putri

Recent Posts

SMPN 60 Bandung Belum Punya Gedung Sendiri, Disdik Beri Penjelasan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung memberikan klarifikasi terkait SMPN 60 Bandung yang…

8 menit ago

Pemerintah Kota Bandung Percepat Perekaman E-KTP untuk Pemilih Pemula Pilkada 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mempercepat proses perekaman KTP elektronik (E-KTP) bagi pemilih pemula…

1 jam ago

Calon Gubernur Jabar Jeje Blusukan ke Pasar Tradisional Sadang Serang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Jeje Wiradinata, melakukan blusukan ke…

2 jam ago

Kenaikan Harga Pangan Berlanjut, Beras dan Bawang Merah Terus Meroket

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga pada…

4 jam ago

125 Guru BK Dilatih Cegah Kekerasan di Sekolah oleh DP3A Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung memperkuat peran guru…

5 jam ago

Ajay Priatna Bebas Bersyarat, Akan Ajukan Peninjauan Kembali Kasusnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Mantan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna sudah bebas dari penjara Lapas…

7 jam ago