HEADLINE

Teknik Mesin Unpas Raih Dua Penghargaan Kejuaraan Nasional Rancang Bangun Mesin

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMTim Teknik Mesin Universitas Pasundan (Unpas) meraih dua penghargaan dalam ajang Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM), beberapa waktu lalu di Ternate-Maluku Utara.

Tim Teknik Mesin Universitas Pasundan (Unpas) meraih juara tiga LNT-RBM serta Best Desain For Manufacturability.

Juara Pertama untuk Lomba Rancang Bangun Mesin ini diraih UNS dan juara ke dua di raih oleh Universitas Indonesia.

LNT-RBM merupakan ajang lomba nasional bagi mahasiswa program sarjana bidang ilmu Teknik Mesin di seluruh Indonesia, dalam menuangkan ide-ide, kreativitas, dan inovasi di bidang perancangan sistem mekanik.

Ajang bergengsi ini diselenggarakan secara tahunan sejak tahun 2011 oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM).

Tahun 2024 ini, Lomba Nasional Tahunan Rancang-Bangun Mesin XIII (LNT-RBM XIII) dilaksanakan oleh Universitas Khairun di Bela International Hotel Ternate-Maluku Utara, dengan Tema : “Alat Bantu Mobilitas Orang Tua”.

“Alhamdulillah, ini kegiatan lomba tingkat nasional yang sudah 3 tahun kita ikuti secara terus menerus. Dan kita selalu masuk nominasi.” Ujar Dekan Fakultas Teknik Unpas, Prof. Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P, kepada Pasjabar, Sabtu (5/10/2024).

Ia menyebutkan jika prestasi yang diraih adalah bagian dari pembelajaran yang diperoleh dan dan bagian dari mengasah skill mahasiswa.

“Semoga mahasiswa Teknik Unpas, bukan hanya yang di Prodi Mesin saja yang berprestasi, namun juga untuk Prodi lainnya harus mampu berprestasi baik dibidang akademis ataupun non akademis,” tambahnya.

Sementara itu, Kaprodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pasundan(UNPAS) Dr. Ir. Sugiharto, MT, mengaku bangga atas keberhasilan mahasiswanya.

“Semoga keberhasilan mahasiswa angkatan 2022 dan 2023 di LNTRBM 2024 Ternate, menjadi pemicu adik-adik nya ikut serta kegiatan yang sama di tahun-tahun berikutnya. Tahun depan di Unand Padang, dengan topik Lomba Mesin Pengolahan Sampah,” tambahnya.

Sisihkan 80 Finalis

Dua tim Teknik Mesin Unpas sebelumnya berhasil menyisihkan 80 proposal rancang bangun mesin, dari seluruh Indonesia.

Dan menjadi 20 nominasi untuk presentasi lomba LNT-RBM, di Ternate Maluku Utara.

Dari 20 nominasi tersebut, Unpas berhasil mempresentasikan proposalna dengan baik, bahkan dua karya yang lolos ke 20 nominasi berhasil meraih juara tiga dan dan Best Desain For Manufacturability.

Juara tiga Unpas dengan karyanya Tongkat Eksoskeleton, yang dibuat oleh M. Yusuf Raka Putra F (233030021), Arul Sahrul (233030014), Arief Rahman Dhani (233030043), Aril Pana Hizkia (233030008) dengan Dosen Pembimbing Dr. Ir. Ade Bagdja, MME.

Sedangkan dan Best Desain For Manufacturability Unpas karya dari Kursi Transfer Serbaguna yang dibuat oleh Wylsen Wijaya (223030012), Kolosian Nainggolan (233030017) dan Wisnu Aji Prasetio (233030030), denngan dosen pembimbing Dr. Ir. Ade Bagdja, MME. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kampus Merdeka, Prodi Bahasa Indonesia Unpas Kerjasama dengan PT PKM

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Raih program Kompetensi Kampus Merdeka Kemenristekdikti, Prodi Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pasundan…

3 menit ago

Ricuh Laga Persib vs Persija, PSSI Jatuhkan Sanksi Denda Rp295 Juta untuk Panitia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp295 juta…

54 menit ago

Film Conjurig Siap Sapa Penonton Tanah Air 2025 Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Aktor Dito Darmawan sebagai pemeran utama bakal beradu akting dengan penyanyi Maizura…

2 jam ago

Akses Jalan Gang Cipedes Hegar Kembali Dibuka, Warga Sambut Gembira

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Warga Gang Cipedes Hegar menyambut gembira dengan dibukanya kembali akses jalan yang…

3 jam ago

Perjalanan Panjang Wanoja Coffee, dari Ladang ke Cangkir Kopi Dunia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Proses perjalanan biji kopi hingga menjadi secangkir kopi yang dinikmati setiap hari…

4 jam ago

Cari Ketenangan? Ini 5 Kafe Hidden Gem di Bandung yang Wajib Dikunjungi!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Weekend ini sudah tahu mau me time kemana? Mungkin ada sebagian warga…

5 jam ago