PASKREATIF

Belantara Foundation Gelar Pameran Muda Mudi Konservasi 2.0 di Sarinah

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Belantara Foundation menyelenggarakan kegiatan bertajuk Pameran Muda Mudi Konservasi 2.0: Kolaborasi Kunci Keberhasilan Konservasi Biodiversitas Indonesia pada 5-6 Oktober 2024 di Mall Sarinah, Jakarta.

Pameran ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan Muda Mudi Konservasi.

Termasuk Belantara Learning Series Episode 11 dengan tema Ekowisata Satwa Liar Berkelanjutan: Pembelajaran Dari Asia pada 11 September 2024 di Universitas Pakuan, Bogor.

Seminar internasional ini diadakan secara hybrid, melibatkan pembicara dari berbagai negara di Asia melalui aplikasi Zoom dan live streaming di YouTube.

Selain itu, terdapat kampanye digital berupa komik reels di Instagram dengan tema “Hidup Harmonis Manusia-Satwa Liar di Habitatnya”.

Serta lomba fotografi bertajuk “Belantara Snapshot” yang digelar pada 24 September hingga 2 Oktober 2024 di Instagram.

Rangkaian acara ini diadakan sebagai bagian dari peringatan Global Tiger Day, Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), World Elephant Day, dan International Orangutan Day, yang semua diperingati pada bulan Agustus.

Pentingnya Melestarikan Hayati Indonesia

Direktur Eksekutif Belantara Foundation, Dr. Dolly Priatna, dalam sambutannya di acara pembukaan, menegaskan pentingnya kolaborasi dalam pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.

“Pameran Muda Mudi Konservasi merupakan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadartahuan publik. Khususnya generasi muda, akan pentingnya melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia,” ujarnya.

Dolly juga menjelaskan bahwa kehilangan keanekaragaman hayati merupakan salah satu dari tiga krisis planet yang mengancam keberlanjutan pembangunan global.

“Alih fungsi lahan, eksploitasi berlebihan, perubahan iklim, serta konflik antara manusia dan satwa liar merupakan faktor-faktor yang memicu hilangnya keanekaragaman hayati,” jelasnya.

Senada dengan Dolly, Co-Chair IUCN-IdSSG, Sunarto, Ph.D., menyoroti pentingnya edukasi dan kesadaran tentang pentingnya hidup berdampingan dengan satwa liar.

“Konflik manusia dengan satwa liar sering terjadi di habitat yang berdekatan dengan pemukiman atau perkebunan. Pemahaman yang baik oleh semua pihak menjadi kunci utama untuk berbagi ruang dan hidup berdampingan secara harmonis,” ungkap Sunarto.

Ketua Dewan Pengurus Belantara Foundation, Dr. Irsyal Yasman, menambahkan bahwa gerakan ini sangat relevan dengan upaya pelestarian satwa liar beserta habitatnya.

“Kami akan terus mengajak dan menggalakkan kolaborasi multipihak untuk mendukung gerakan penyadartahuan serta edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda,” ujar Irsyal. (*/han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Sidang Doktor Ilmu Hukum Unpas Ihsanul Maarif, Fokus pada Penyelesaian Kerugian Negara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ihsanul Maarif meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Universitas Pasundan atau…

58 menit ago

Harga Pangan Hari Ini: Kenaikan Beras Premium dan Turunnya Cabai Merah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat adanya fluktuasi harga sejumlah komoditas pangan di…

2 jam ago

Sidang Doktor Ilmu Hukum Unpas Wawan Irawan, Bahas Perjanjian Kerja Sama Pertambangan Batubara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Wawan Irawan resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Universitas Pasundan…

3 jam ago

Pemerintah Kabupaten Purwakarta Galakkan Program Gemar Makan Ikan

KAB PURWAKARTA, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kabupaten Purwakarta galakkan program Gemar Makan Ikan. Program gemar makan…

3 jam ago

Sidang Doktor Ilmu Hukum Unpas Agustine Merdekawati, Bahas Tanggung Jawab Kontraktor

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Agustine Merdekawati resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Universitas Pasundan…

5 jam ago

Bawaslu Jabar Temukan 27 Pelanggaran Selama 11 Hari Masa Kampanye Pilkada

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat temukan 27 pelanggaran selama 11 hari…

21 jam ago