HEADLINE

Kabupaten Bandung Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Lewat BRIS 2024

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kabupaten Bandung resmi membuka Bandung Regency Investment Summit (BRIS) 2024, yang berfokus pada sektor pertanian dan pariwisata, di Hotel Grand Sunshine Resort dan Convention Soreang pada Senin (7/10/2024).

Acara ini mengusung tema “Moving Forward Investment Sustainability” dan diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung.

Pjs. Bupati Bandung, Dikky Achmad Sidik, menegaskan bahwa BRIS 2024 merupakan komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi di daerah.

“Acara ini adalah platform strategis untuk membangun sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Serta memberikan ruang untuk berinovasi dalam menciptakan peluang investasi baru yang berkelanjutan,” ujar Dikky.

Acara BRIS 2024 mencakup rangkaian kegiatan seperti diseminasi informasi, apresiasi bagi pelaku investasi, seminar, pemberian penghargaan, serta temu bisnis.

“Semua ini merupakan wadah untuk bertukar gagasan dan komitmen menciptakan iklim investasi yang kondusif dan inklusif,” tambahnya.

Pertumbuhan Investasi di Kabupaten Bandung

Dikky mengungkapkan kemajuan signifikan dalam investasi di Kabupaten Bandung dalam beberapa tahun terakhir, namun ia mengingatkan agar tidak berpuas diri.

Ia berharap BRIS 2024 dapat menciptakan pertumbuhan investasi yang lebih tinggi dan percepatan realisasi investasi. Sehingga target-target pembangunan daerah dapat tercapai dengan optimal.

Kegiatan ini merupakan penugasan dari Kementerian Dalam Negeri RI kepada Pemkab Bandung.

Di mana Kabupaten Bandung dikenal sebagai kawasan investasi unggulan di Provinsi Jawa Barat dan Indonesia.

Menurut Dikky, total penanaman modal asing dan dalam negeri di Kabupaten Bandung pada tahun 2023 mencapai Rp 8,1 triliun.

Menempatkan daerah ini di peringkat ke-7 dalam nilai realisasi investasi di Provinsi Jabar.

Dalam rangka mendukung pencapaian target realisasi investasi jangka menengah di Provinsi Jabar sebesar Rp 285,89 triliun (2025-2029), Dikky menyebutkan perlunya kolaborasi dalam mengimplementasikan strategi dan kebijakan investasi.

Kegiatan BRIS 2024 mencakup seminar pra-BRIS dan Bandung Regency Investment Award (BRIA) 2024, serta puncaknya berupa temu bisnis (business matching) dan Forum Dialog Investor.

Dikky juga menegaskan bahwa Kabupaten Bandung memiliki iklim investasi yang kondusif, dengan berbagai kemudahan berusaha yang ditawarkan.

Seperti regulasi yang mendukung dan pelayanan perizinan yang transparan.

“Kami telah menyederhanakan proses perizinan melalui sistem online dan memberikan perlindungan hukum bagi para investor,” tuturnya.

Dengan posisi strategis yang dekat dengan pusat-pusat ekonomi utama seperti Kota Bandung dan Jakarta, Kabupaten Bandung menjadi daya tarik bagi investor.

Dikky percaya bahwa keunggulan tersebut, bersama komitmen pemerintah, akan menjadikan Kabupaten Bandung pilihan utama bagi investor yang ingin mengembangkan usahanya di Indonesia.

Ia mengajak para investor untuk bekerja sama dan berkomitmen mendukung agar investasi di Kabupaten Bandung dapat berjalan lancar, serta menghasilkan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Melalui acara ini, kita bersama-sama dapat memetakan peluang dan tantangan, serta merumuskan strategi terbaik untuk memaksimalkan potensi investasi di Kabupaten Bandung,” tutupnya. (fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

Tim Lingkung Seni Simpay Pasundan Lakukan Lawatan Budaya ke Bosnia and Herzegovina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Tim Lingkung Seni Simpay Pasundan melakukan lawatan Budaya ke Bosnia and Herzegovina.…

6 menit ago

Shin Tae-yong Ungkap Kendala Timnas Indonesia Jelang Menghadapi Bahrain

WWW.PASJABAR.COM -- Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia mengungkapkan satu kendala yang bisa dirasakan anak-anak asuhnya.…

37 menit ago

Bahrain Vs Indonesia: Modal Menahan Arab Saudi dan Australia, Pemain Garuda Full Senyum Tatap Laga Sengit Lawan Bahrain

WWW.PASJABAR.COM -- Bahrain vs Indonesia akan berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024). Di…

2 jam ago

Wonderkid Villarreal U-17 Masuk Skuad, Jelang Laga Bahrain Vs Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- Jelang laga melawan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Bahrain mengumumkan…

3 jam ago

Dukung Keselamatan Maritim, BMKG Lepas Drifter Menuju Samudra Hindia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus memperkuat layanan informasi meteorologi maritim…

4 jam ago

Harga Pangan Naik: Bawang Merah Sentuh Rp28.760 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga secara…

5 jam ago