HEADLINE

Disertasi Leni Herdiani, Uji System Dynamics Rantai Pasok Dalam Peningkatan Kulitas Ikan Beku di TPI Karangsong

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMDisertasi Leni Herdiani , tentang Uji System Dynamics Rantai Pasok Dalam Peningkatan Kulitas Ikan Beku di TPI Karangsong

Mahasiswa Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) Leni Herdiani memaparkan disertasinya berjudul Uji System Dynamics Rantai Pasok Dalam Peningkatan Kulitas Ikan Beku di TPI Karangsong Kabupaten Indramayu.

Sidang disertasi Leni Herdiani dilaksanakan, Rabu (9/10/2024) di Aula Pascasarjana Unpas, Jalan Sumatera 41 Bandung.

Penguji disertasi Leni Herdiani terdiri dari Ketua Sidang yakni Prof. Dr.H.Azhar Affendi,SE.,M.Sc, dengan penelaah yakni Direktur Pascasarjana Unpas Prof. Dr.H.Bambang Heru P,MS, Prof.Dr.H.Jaja Suteja.,SE.,M.Si, Prof.Dr.H.M Sidik Priadana,MS, Dr. Atty Tri Juniarti.,SE.,M.Si, dengan promotor yakni Prof.Dr.Ir.H.Iman Sudirman,DEA dan co promotor yakni Prof.Dr.Ir.Maun Jamaluddin, M.Si.

Disertasi Leni Merdiani berjudul Model System Dynamics Rantai Pasok Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Ikan Beku Di TPI Karangsong Kabupaten Indramayu, menggunakan pendekatan system dynamics.

“Hal itu digunakan untuk memahami perilaku nonlinier sistem kompleks dari waktu ke waktu melalui penggunaan stok, aliran, luop umpan balik internal, fungsi tabel, dan penundaan waktu,” tutur Leni.

Ia menjelaskan dalam sistem perikanan, terdapat interaksi kompleks antara sumber daya dan entitas pengelolaannya.

Di mana dinamika perikanan berperan penting dalam menentukan kebijakan yang tepat.

“Perikanan memiliki peran vital dalam perekonomian Indonesia, khususnya terkait ketahanan pangan, gizi, dan kesejahteraan nelayan,” ujarnya.

Berdasarkan Undang-Undang Namor 7 Tahun 2018, perikanan melibuti seluruh aktivitas mulai dari pengelalaan hingga pemasaran hasil laut.

Dijelaskannya jika Kabupaten Indramayu, sebagai wilayah dengan sumber daya perikanan melimpah, memberikan kontribusi signifikan terhadap produkai perikanan di Jawa Barat.

Menurutnya, TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Karangsong, yang menjadi pusat aktivitas perikanan di Indramayu, memiliki peran penting dalam rantai pasok Ikan beku dan memeriukan dukungan fasilitas berpendingin untuk menjaga kualitas produk ika1 beku.

Diamika Ratai Pasok Ikan Beku

Olah karena itu, system dynamics menjadi metode yang relevan dalam memahami dinamika rantai pasok ikan beku,

dengan memodelkan interaksi antar faktor serta menganalisis dampak kebijakan dalam upaya peningkatan kualitas ikan.

Penelitian ini memetakan sistem rantai pasak ikan beku melalui alur rantai pasok produk dan aktivitas para pelaku,

menggambarkan situasi masalah menggunakan Irfluence Diagram dan Rich Picture serta mengidentifikasi kendala dan varisbel yang ada Dalam entitas rantai pasok ikan baku,

Model System Dynermics

Itu meliputi enam submodel: Ikan di TPI, cold storage, fish fridge, total revenue, cash, dan cold truck. Hasil simulasi model barupa skenario kebijakan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas ikan beku di TPI Karangsong.

“Disertasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen, khususnya dalam bidang manajamen operasi dengan fokus pada kompetensi supply chain management dan system dynamics dalam sistem rantai pasok ikan beku,” jelasnya.

“Disertasi saya ini sebagai roadmap penelitian saya kedepannya, karena saya ini basiknya kan dosen, jadi ingin terus melanjutkan penelitian saya,” paparnya.

Dari ujian Disertasinya itu, Leni dinyatakan lulus dengan Yudisium Sangat Memuaskan dengan IPK sebelum sidang 3,67, dan IPK setelah sidang yakni 3,70.

Leni Herdiani berhak menyandang gelar doktor dan menjadi lulusan ke 488 di lingkungan Program Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Shin Tae-yong Tidak Ingin Anak Asuhnya Terbebani Masa Lalu

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengatakan tidak ingin anak-anak asuhnya terbebani memori…

20 menit ago

Persib Bandung Menolak untuk Menyerah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persib Bandung tersungkur dalam perjalanannya di AFC Champions League Two (ACL 2).…

51 menit ago

Pasang Badan Pelatih Bojan Hodak untuk Victor Igbonefo

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Victor Igbonefo belakangan ini jadi sorotan. Itu karena bek Persib Bandung itu…

2 jam ago

Disertasi Zaini Abdilah : Pengaruh Remunerasi Pola Karier dan Kompetensi Terhadap OCB Serta Implikasinya Pada Kinerja ASN

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Hari ini, Rabu (9/10/2024) dilaksanakan sidang Disertasi, Zaini Abdilah. Dengan judul Pengaruh…

2 jam ago

Fluktuasi Harga Pangan: Cabai Turun, Minyak Goreng Naik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat perubahan harga sejumlah komoditas pangan pada Rabu…

3 jam ago

Disdik Kab Purwakarta Gencarkan Program TdBA

KAB PURWAKARTA, WWW.PASJABAR.COM – Disdik Kab Purwakarta Gencarkan Program TdBA. Yakni program (Tatanen di Bale…

3 jam ago