HEADLINE

Laga Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain Bisa Diulang

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Laga Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain bisa saja diulang. Bahkan, wasit Ahmed Al Kaf sangat memungkinkan dijatuhi hukuman larangan memimpin pertandingan seumur hidup.

Al Kaf disorot usai laga Timnas Bahrain vs Timnas Indonesia yang berakhir 2-2 pada matchday tiga Grup C Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sang pengadil mengeluarkan sejumlah keputusan kontroversial pada pertandingan di Stadion Nasional Bahrain, Manama, Kamis 10 Agustus 2024 malam WIB.

Bahrain lebih dulu unggul lewat gol tendangan bebas Mohamed Marhoon (15’). Indonesia lalu bangkit dan membalikkan keaadan 2-1 lewat Ragnar Oratmangoen (45+3’) dan Rafael Struick (74’).

Sayangnya, Bahrain mencuri kemenangan itu di menit-menit akhir. Marhoon mencocor masuk bola di mulut gawang pada menit kesembilan injury time untuk memaksakan skor akhir 2-2.

Nah, gol kedua Marhoon itu yang membuat Al Kaf jadi pesakitan. Sebab, ofisial sebelumnya memberikan tambahan waktu enam menit di akhir babak kedua.

Jumlah tambahan waktu itu juga patut dipertanyakan lantaran Al Kaf juga tak terlalu banyak menghentikan pertandingan. Lamanya waktu berjalan justru menguntungkan Bahrain yang kemudian mencetak gol kedua.

PSSI sudah memastikan akan memprotes kepemimpinan sang wasit ke AFC dan FIFA. Lalu, apakah pertandingan tersebut bisa diulang? Ada bukti sejarah yang menguatkan hal itu.

Peluang diulangnya laga bisa saja terjadi andai ada bukti kuat tentang kecurangan atau pengaturan skor. Hal itu pernah terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Timnas Afrika Selatan melawan Timnas Senegal.

Kala itu, FIFA memutuskan agar laga diulang. Penyebabnya, wasit Joseph Lamptey dinyatakan bersalah usai memberi hadiah penalti untuk Afrika Selatan dari handball Kalidou Koulibaly. Berkat penalti itu, The Bavana-Bavana menang 2-1.

Dalam tayangan ulang terbukti bola mengenai kaki baru tangan sang pemain. FIFA menganggap Lamptey telah melakukan manipulasi pertandingan.

Pengadil asal Ghana itu dijatuhi hukuman terlibat dalam semua aktivitas yang berkaitan dengan sepakbola, baik level nasional maupun internasional, seumur hidupnya. Hukuman untuk Lamptey ini dikuatkan oleh putusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Laga bermasalah itu lalu diulang pada November 2017. Hasilnya, Senegal menang 2-0 atas Afrika Selatan. Kemenangan itu terbukti penting untuk mengantarkan The Indomitable Lions menembus Piala Dunia 2018.

pri

Recent Posts

Skenario Timnas Indonesia Amankan Posisi Runner-up Grup C di Laga Keempat

WWW.PASJABAR.COM -- Malam tadi, Kamis (10/10/2024), Skuad Garuda kembali kehilangan kesempatan untuk meraih kemenangan perdana…

35 menit ago

Kinerja Wasit Ahmed Al-Kaf Buruk, PSSI akan Ajukan Protes

WWW.PASJABAR.COM -- PSSI akan mengirimkan surat protes kepada Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) terkait wasit…

3 jam ago

Warganet Seluruh Dunia Geram, Soroti Keputusan Wasit Kontroversial Ahmed Al-Kaf dan Perilaku Tidak Sportif Negara-Negara Timur Tengah

WWW.PASJABAR.COM -- Pertandingan Indonesia melawan Bahrain Kamis (10/10/24) malam ternyata menyedot perhatian warganet dari seluruh…

4 jam ago

Indonesia Berduka: Media Belanda Soroti Kinerja Wasit Ahmed Al-Kaf

WWW.PASJABAR.COM -- Penampilan solid Timnas Indonesia melawan Barain pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona…

5 jam ago

Malu Gol Kedua Bahrain Dibantu Wasit, Akun Instagram @bahrainnt Palsukan Waktu Terciptanya Gol

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang 2-2 dalam laga kontra Bahrain pada…

6 jam ago

Menkominfo Budi Arie: Tak Ada Kompromi untuk Konten Judi Online

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi terus gencar memerangi penyebaran…

6 jam ago