HEADLINE

Warganet Seluruh Dunia Geram, Soroti Keputusan Wasit Kontroversial Ahmed Al-Kaf dan Perilaku Tidak Sportif Negara-Negara Timur Tengah

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Pertandingan Indonesia melawan Bahrain Kamis (10/10/24) malam ternyata menyedot perhatian warganet dari seluruh dunia.

Keputusan wasit kontroversial asal Oman Ahmed Al-Kaf yang merugikan Indonesia, serta perilaku negara-negara timur tengah yang kerap menghalalkan segala cara untuk menang menjadi sorotan warganet sedunia.

Sejumlah keputusan kontroversial dari wasit Ahmed Al-Kaf sampai mendapat sindiran dari banyak penggemar sepak bola seluruh dunia melalui media sosial.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia cukup percaya diri dalam lawatannya ke markas Bahrain untuk melakoni lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tren positif sebelumnya dikantongi pasukan Shin Tae-yong yang dalam dua laga terakhir sukses menahan imbang Arab Saudi dan Australia sekaligus mengeklaim dua poin di grup C.

Kendati demikian, mimpi buruk-lah yang justru didapat oleh Timnas Indonesia ketika berjumpa Bahrain sehingga skuad Garuda gagal mengeklaim poin penuh.

Padahal, Timnas Indonesia sempat unggul hingga jelang laga berakhir sebelum akhirnya keputusan kontroversial dari sang pengadil Ahmed Al-Kaf membuyarkan semuanya.

Ketika itu, wasit asal Oman Ahmed Al-Kaf memberikan tambahan waktu selama enam menit di babak kedua. Situasinya, Timnas Indonesia sedang unggul 2-1.

Namun faktanya, wasit Ahmed Al-Kaf tidak meniupkan peluit hingga waktu tambahan berjalan selama sembilan menit. Lebih buruknya lagi, Bahrain sukses menyamakan kedudukan lewat Mohamed Marhoon. Seketika kebijakan dari Ahmed Al-Kaf menuai kontroversi.

Bukan hanya dari seluruh elemen Timnas Indonesia, melainkan juga datang dari suporter negara-negara di dunia.

Seakan menunjukkan solidaritasnya untuk Timnas Indonesia, mereka pun merasa geram dengan keputusan-keputusan aneh dari wasit Ahmed Al-Kaf di pertandingan tersebut.

Mereka pun mengatakan jika Timnas Indonesia sebenarnya layak menang andai wasit Ahmed Al-Kaf meniupkan peluit sesuai tambahan waktu yang sebelumnya telah ditentukan.

“Seandainya wasit tidak memihak Bahrain, mungkin Indonesia yang menang. Tapi apapun yang terjadi, Indonesia-lah pemenang sesungguhnya,” kata fans Jepang @shadaaika2332.

“Saya tidak bisa berkata-kata. Maaf Indonesia, Anda benar-benar layak menang tapi apa boleh buat, hal itu (ketidakadilan wasit) terjadi sekarang,” papar netizen Korea @steal8540.

“Indonesia, kalian telah dirampok. Jangan biarkan hasil ini melemahkan semangat kalian. Kalian akan terus berkembang,” ucap fans Australia @adstarapad.

“Semangat Indonesia. Keputusan wasit memang sangat buruk. Kami akan mendukung kalian selamanya,” ungkap pendukung Thailand @kaikazuya2847.

Bukan cuma itu, suporter internasional tersebut mengkritisi sikap dari negara-negara Timur Tengah yang kerap bermain secara tidak sportif dalam sejumlah turnamen.

pri

Recent Posts

Laga Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain Bisa Diulang

WWW.PASJABAR.COM -- Laga Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain bisa saja diulang. Bahkan, wasit Ahmed Al…

26 menit ago

Kinerja Wasit Ahmed Al-Kaf Buruk, PSSI akan Ajukan Protes

WWW.PASJABAR.COM -- PSSI akan mengirimkan surat protes kepada Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) terkait wasit…

1 jam ago

Indonesia Berduka: Media Belanda Soroti Kinerja Wasit Ahmed Al-Kaf

WWW.PASJABAR.COM -- Penampilan solid Timnas Indonesia melawan Barain pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona…

3 jam ago

Malu Gol Kedua Bahrain Dibantu Wasit, Akun Instagram @bahrainnt Palsukan Waktu Terciptanya Gol

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang 2-2 dalam laga kontra Bahrain pada…

4 jam ago

Menkominfo Budi Arie: Tak Ada Kompromi untuk Konten Judi Online

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi terus gencar memerangi penyebaran…

5 jam ago

Fakta Indonesia Tekankan Pentingnya Cukai MBDK untuk Cegah Obesitas Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ketua Umum Forum Warga Kota (Fakta) Indonesia, Ari Subagio, kembali menekankan pentingnya…

6 jam ago