HEADLINE

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk “Storytelling Cerita Rakyat Nusantara” yang ditujukan bagi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Priangan Barat.

Kegiatan lokakarya ISBI ini melibatkan guru-guru dari organisasi mitra, yakni GTKI, Himpaudi, dan IGRA.

Sebanyak 45 perwakilan guru mengikuti lokakarya, yang berfokus pada pengembangan kemampuan bercerita tentang kisah-kisah rakyat Nusantara.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung, Ismet Ruhimat menjelaskan, tujuan utama kegiatan tersebut adalah membekali para guru kemampuan mendongeng yang efektif.

Hal tersebut penting untuk mengenalkan kembali cerita-cerita rakyat Nusantara kepada anak-anak didik, khususnya di tingkat PAUD.

“Pengisahan cerita rakyat tidak hanya bermanfaat sebagai seni, tetapi juga untuk mendidik anak-anak tentang etika budaya yang sehat,” kata Ismet di Gedung PGRI Jabar, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung, Sabtu (19/10/2024).

Menurut Ismet, kegiatan seperti ini penting untuk terus digalakkan di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Ia berharap ISBI ke depannya dapat terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mempromosikan cerita rakyat kepada generasi muda.

“Ini adalah upaya untuk memperkuat ketahanan budaya di tengah gempuran budaya asing, sekaligus mengenalkan identitas dan otentisitas budaya Nusantara kepada anak-anak sejak dini,” ujarnya.

Pemahaman Mengenai Cerita Rakyat Nusantara

Di tempat sama, Ketua Pelaksana Lokakarya, Rieka Sukmawati menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan mengatasi kesenjangan dalam pemahaman anak-anak tentang cerita rakyat Nusantara.

“Banyak anak-anak di luar sana yang tidak mengenal atau memahami cerita-cerita rakyat kita. Melalui pelatihan ini, guru-guru PAUD diajarkan kiat-kiat menjadi storyteller yang baik, serta bagaimana membuat naskah storytelling mereka sendiri,” jelas Rieka.

Ia menjelaskan, lokakarya terbagi dalam beberapa sesi, termasuk pelatihan teknis dan metodologis mendongeng, serta pembuatan naskah cerita.

Para peserta akan diberi waktu total 32 jam pelajaran.

ISBI menawarkan empat cerita rakyat sebagai pilihan bagi para guru. Yaitu Tiga Ksatria dari Dago, Siparkit, Si Piatu Menjadi Raja, dan Batu Menangis.

Di bulan depan akan diadakan kelanjutan kegiatan berupa festival storytelling yang melibatkan siswa-siswa mereka.

“Insya Allah ke depannya jenjangnya akan kita tingkatkan lagi, dan juga tidak hanya dari storytelling, karena di ISBI ada beberapa fakultas lain, dan kita akan mengadakan pelatihan-pelatihan,” pungkasnya. (fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

47 menit ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

2 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

4 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

5 jam ago

Ribuan Warga Jabar Ikuti Senam Bersama Porpi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan warga dari kabupaten/Kota di Jabar ikuti Senam Bersama Persatuan Olahraga Pernafasan…

7 jam ago