HEADLINE

Hari Santri Pj Gubernur Jabar Berikan Kadeudeuh untuk Santri Berprestasi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPemda Provinsi Jabar memberikan kadeudeuh kepada para santri berprestasi pada peringatan Hari Santri Nasional di Gedung Sate Bandung, Selasa (22/10/2024).

Para santri yang mendapatkan kadeudeuh dari Pemda Provinsi Jabar pada Hari Santri merupakan anggota kafilah yang berhasil menjadi juara pada ajang Musabaqoh Tilawatir Quran (MTQ) XXX/2024 di Kalimantan Timur, September 2024.

Salah satu santri yang menerima kadeudeuh adalah Aliyudin (24), juara satu kaligrafi cabang dekorasi putra. Santri asal Kabupaten Karawang mendapatkan kadeudeuh Rp90 juta yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin.

“Alhamdulillah sangat senang dan bangga sekali, ada apresiasi buat para juara. (Kadeudeuh) Ini bentuk penghargaan, dan semoga ke depannya lebih naik lagi,” ujar Aliyudin.

Ia juga berharap apresiasi dari Pemda Provinsi menjadi motivasi bagi santri lain untuk terus memperdalam ilmu agama dan mensyiarkan agama Islam.

Sofi Nur Zakiah (26) yang merupakan juara tiga kaligrafi dekorasi putri pada MTQ nasional di Kaltim, mendapatkan kadeudeuh Rp50 juta.

“Alhamdulillah bersyukur dapat penghargaan dari Penjabat Gubernur, Pak Bey Machmudin. Perasaannya sangat senang, dan semoga ke depannya lebih baik lagi,” katanya.

Sofi mengaku akan mempergunakan uang kadeudeuh yang diterima untuk membayai kuliahnya di Institut KH Ahmad Sanusi, Sukabumi. “Rencana uangnya untuk pendidikan di bangku kuliah,” katanya.

Selain kepada santri MTQ,  Pemda Provinsi Jabar juga memberikan bantuan kepada santri disabilitas. Zaenal Arifin (22) santri tuna netra dari Ponpes Tahfiz,  di Sekegawir, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung merasa bahagia mendapatkan bantuan.

“Alhamdulillah semoga ini menjadi amal kebaikan bagi Bapak (Penjabat) Gubernur dan juga menjadi semangat bagi kami para santri untuk terus belajar,” kata Zaenal.

Jawa Barat hari ini memperingati Hari Santri Nasional dipusatkan di Gedung Sate dengan tema ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’. Penjabat Gubernur Bey Machmudin bertindak sebagai pembina apel peringatan Hari Santri Nasional. (*/tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Garuda Muda mempunyai rekor…

14 menit ago

Jejak Karier Sang Legenda Bulu Tangkis Taufik Hidayat

WWW.PASJABAR.COM -- Sebagai salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat telah mencatatkan banyak prestasi…

1 jam ago

Dito Ariotedjo Sambut Positif Taufik Hidayat

WWW.PASJABAR.COM -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyambut positif kehadiran Taufik Hidayat yang…

2 jam ago

Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Berikan Pembekalan untuk Mahasiswa Baru STKIP Pasundan

 BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan, Prof. Dr . H. M…

3 jam ago

Kasus Penipuan Proyek PLTS di Babel, Warga Thailand Rugi Rp7,3 Miliar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Warga negara asing dari Thailand, Wannipa Charoenputtakhun menjadi korban penipuan dan penggelapan…

3 jam ago

Warga Asing Thailand Jadi Korban Penipuan Penggelapan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pengadilan Negeri Bandung, tengah memproses kasus sidang penipuan dan penggelapan, dimana korban…

3 jam ago