HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas Andinna A. Yusuff, Bahas Pengaruh Kinerja Dosen

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Andinna Ananda Yusuff berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) setelah sukses mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor yang digelar pada Kamis, (24/10/2024).

Sidang berlangsung di Aula Mandalasaba Dr. Djoenjoenan, Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera No. 41 Bandung, dengan pimpinan sidang oleh Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc.

Andinna Ananda Yusuff berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program Pascasarjana Unpas dalam sidang promosi doktor, Kamis (24/10/2024). (foto: han/pasjabar)

Dalam sidang tersebut, Dede diuji oleh beberapa pakar, antara lain Prof. Dr. H. Horas Djulius, SE., Prof. Dr. H. Bambang Heru P, MS., Prof. Dr. H. Jaja Suteja, SE., M.Si., dan Prof. Dr. Ir. H. Iman Sudirman, DEA., dengan promotor Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, M.S., dan co-promotor Prof. Dr. Hj. Erni Rusyani, SE., MM.

Dalam disertasinya yang berjudul Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Budaya Mutu Perguruan Tinggi, Kompetensi, Literasi Digital Dosen Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan di Wilayah LLDIKTI IV Jawa Barat, Andinna meneliti faktor-faktor yang memengaruhi kinerja dosen di Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan.

Fokus utama penelitiannya adalah bagaimana kepemimpinan visioner, budaya mutu, kompetensi, dan literasi digital dosen berdampak pada kerjasama tim dan kinerja dosen.

Andinna Ananda Yusuff berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program Pascasarjana Unpas dalam sidang promosi doktor, Kamis (24/10/2024). (foto: han/pasjabar)

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif, melibatkan 280 dosen sebagai sampel.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Modeling (SEM).

Hasil dan Harapan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner, budaya mutu perguruan tinggi, kompetensi, dan literasi digital dosen memiliki pengaruh signifikan terhadap kerjasama tim, yang pada gilirannya berdampak pada kinerja dosen di wilayah LLDIKTI IV Jawa Barat.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel-variabel tersebut saling memengaruhi kinerja dosen, khususnya dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen di perguruan tinggi kesehatan,” ujar Andinna dalam wawancara usai sidang.

Andinna Ananda Yusuff berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program Pascasarjana Unpas dalam sidang promosi doktor, Kamis (24/10/2024).

Andinna dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan memperoleh IPK akhir 3,67. Ia menjadi lulusan ke-493 dalam Program Doktor Ilmu Manajemen di Unpas.

Dalam wawancara, ia juga menyampaikan harapannya agar hasil penelitiannya dapat berkontribusi besar dalam meningkatkan kinerja dosen di dunia pendidikan.

“Saya berharap hasil penelitian ini bisa memberikan sumbangsih nyata di dunia pendidikan dan penelitian, serta meningkatkan profil dosen yang kompeten dan profesional,” tambahnya.

Selain itu, Andinna juga berharap agar Program Pascasarjana Unpas terus berkembang menjadi institusi yang unggul dan berpegang teguh pada nilai-nilai nyunda, nyantri, nyakola yang menjadi identitas Universitas Pasundan. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

600 Santri Peringatan Hari Santri di Pemkot Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pemerintah Kota Cimahi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Peringatan Hari Santri…

5 menit ago

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas Endang Susilawati, Bahas Dunia Perbankan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Endang Susilawati berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program…

8 menit ago

25 Riset akan Dijadikan Rekomendasi Kebijakan Pemdaprov Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 25 riset yang lolos seleksi West Java Research Summit (WJRS) 2024,…

24 menit ago

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas Risa Haruman P, Bahas Dunia Perbankan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Risa Haruman Putri resmi menyandang gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari…

50 menit ago

Kitabisa dan PKK Gelar Aksi Donor Protein untuk Ibu Hamil di Bandung Raya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menanggapi hasil Survei Kesehatan Indonesia 2023 yang menunjukkan prevalensi stunting di Provinsi…

5 jam ago

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas Dede Jaelani, Bahas Peran Manajer

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dede Jaelani resmi meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program…

6 jam ago