HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas Risa Haruman P, Bahas Dunia Perbankan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Risa Haruman Putri resmi menyandang gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor yang digelar pada Kamis (24/10/2024).

Sidang yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc., berlangsung di Aula Mandalasaba Dr. Djoenjoenan, Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera No. 41 Bandung.

Dalam sidang tersebut, Dede diuji oleh beberapa pakar, antara lain Prof. Dr. H. M. Sidik Priadana, MS., Prof. Dr. H. Bambang Heru P, MS., Prof. Dr. H. Atang Hermawan, SE., MSIE., AK., dan Prof. Mokhamad Anwar, SE., M.Si., PH.D., dengan promotor Prof. Dr. H. Jaja Suteja, SE., M.Si., dan co-promotor Dr. Hj. Ellen Rusliati, SE., MSIE.

Disertasi Risa yang berjudul Pengaruh Struktur Modal, Capital Expenditure, Ukuran Perusahaan, Inflasi, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Profitabilitas serta Implikasinya pada Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan LA45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2022) mengkaji faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi profitabilitas serta nilai perusahaan perbankan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, mengambil sampel dari empat bank besar, yaitu Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, dan Bank Mandiri.

Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, dengan data diambil dari laporan keuangan yang telah diaudit. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, struktur modal dan capital expenditure berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, sementara ukuran perusahaan, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas.

Secara simultan, variabel-variabel tersebut juga memengaruhi profitabilitas secara signifikan, yang kemudian berdampak pada nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai moderasi.

“Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana faktor internal dan eksternal memengaruhi profitabilitas bank, dengan harapan bank dapat meningkatkan performa mereka sebagai lembaga jasa keuangan,” ungkap Risa dalam wawancara setelah sidang.

Menjadi Lulusan Doktor Termuda di Unpas

Risa dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan memperoleh IPK akhir 3,69, menjadikannya lulusan ke-494 dalam Program Doktor Ilmu Manajemen di Unpas.

Ia juga mengungkapkan rasa bangganya karena menjadi doktor termuda di Unpas dan berharap agar universitas terus berkembang.

“Saya berharap pemerintah dapat mengambil kebijakan bijak dalam menstabilkan variabel-variabel yang saya teliti, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang positif bagi profitabilitas dan operasi perusahaan. Semoga Unpas semakin maju dan menjadi pilihan terbaik bagi setiap generasi,” ujar Risa.

Risa juga menekankan bahwa Unpas selalu menjadi tempat yang memberikan pendidikan terbaik, dan ia berharap agar kampus ini semakin unggul di masa depan. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Pengusaha Hotel dan Restoran Bandung Komit Kelola Sampah Mandiri

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kota Bandung menyatakan komitmennya untuk kelola…

5 menit ago

Memiliki Kumis Tebal, Pemain Kuwait U-17 Jadi Sorotan

WWW.PASJABAR.COM -- Netizen salah fokus dengan pemain Kuwait yang punya kumis tebal saat lawan Timnas…

6 menit ago

Pemkab Bandung Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Kurangi Beban TPA Sarimukti

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus mengoptimalkan pengelolaan sampah organik dan anorganik yang…

1 jam ago

SMKN 1 Karawang, Jadi Sekolah Asia Pertama Kembangkan Think Big Space dari Amazon

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – SMKN 1 Karawang jadi sekolah di Asia pertama yang digandeng Amazon mengembangkan…

1 jam ago

600 Santri Peringatan Hari Santri di Pemkot Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pemerintah Kota Cimahi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Peringatan Hari Santri…

2 jam ago

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas Endang Susilawati, Bahas Dunia Perbankan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Endang Susilawati berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program…

2 jam ago