HEADLINEPASJABARPASPENDIDIKAN

Dukung Program Citarum Harum, Unpas Sumbang Puluhan Ribu Bibit Pohon

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COMUniversitas Pasundan (Unpas) berkomitmen mendukung program Citarum Harum sebagai upaya normalisasi sungai Citarum. Langkah nyata Unpas tiap tahunnya mengumpulkan sebanyak 22.000 biji alpukat dari mahasiswa barunya. Biji alpukat tersebut kemudian dijadikan bibit untuk ditanam di wilayah Citarum.

“Setiap tahunnya, kita berkontribusi sekitar 22.000 biji alpukat, kita kumpulkan dari mahasiswa sebanyak 5 biji permahasiswa, yang jadi bibit sekitar 20 ribuan,” kata Rektor UNPAS Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom, saat menghadiri kegiatan sektor 21 Citarum Harum di Cimahi, Senin, (30/6/2020).

Eddy menyebutkan setelah berukuran 20 cm, bibit tersebut ditanam dengan cara tumpang sari dengan sayur-sayuran seperti sayur kol. Tujuannya agar tidak terjadi erosi ketika hujan datang. Erosi yang terjadi di pinggir sungai biasanya akan menjadi sedimentasi aliran sungai Citarum.

“Pada waktu sekitar 20 centimeter bibitnya kita tanam, sekarang sudah sekitar 30.000 pohon alpukat yang ditanam tumpang sari dengan sayuran, tujuannya ketika hujan turun tidak terjadi lagi erosi,” ujarnya.

Program tersebut kata rektor Unpas, akan dilanjutkan bahkan untuk perawatannya akan berkoordinasi dengan perguruan perguruan tinggi yang satu atap dengan universitas Pasundan.

“Ini kita akan lakukan, terus kita ada ada 378 perguruan tinggi kita bagi-bagi wilayah dari sektor 1 hingga 23, sehingga berkesinambungan dalam pemeliharaan,” lanjutnya.

Tidak hanya langkah nyata melakukan pembibitan hingga penanaman pohon, Unpas juga setelah memasukkan program dukungan tersebut pada mata pelajaran studi teknik lingkungan.

“Kita ada program studi teknik lingkungan dan tentu semua mata kuliah teknik lingkungan itu ada di setiap perguruan tinggi,” jelasnya. (fal)

 

Tags

Related Articles

Close
Close