PASBANDUNGPASJABARPASPENDIDIKAN

FAGI Sayangkan PPDB Online Masih Bermasalah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMForum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat meyayangkan masih terjadi permasalahan dalam pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan pada hari Senin (22/6/2020).

Ketua FAGI Jawa Barat, Iwan Hermawan mengungkapkan bahwa gangguan link PPDB online pada hari pertama mengalami ganguan, sehingga membuat calon peserta didik dan orang tua calon peserta didik menjadi panik.

“Selain itu masih banyak orang tua yang tidak mengerti siswa PPDB online sehingga banyak yang datang mendaftar secara langsung ke sekolah khususnya dari SKTM, solusinya sebaiknya sekolah Mendaftarkan  secara online dari sekolah,” tandasnya.

Iwan menambahkan bahwa adanya laporan dari SKTM yang gagal mendaftar PPDB online dikarenakan adanya kesalahan atau tidak dapat mengupload berkasnya.

“Masalah lainnya adalah membludaknya pendafatar dari SKTM kepada sekolah-sekolah pinggiran namun kuota di batasi hanya 20% saja sementara itu hanya sedikit dari jalur SKTM yang mendaftar ke sekolah-sekokah favorit,” lanjutnya.

Selain itu dikatakan Iwan,  masih ada titipan, atau rekomendasi maupun intervensi dari pejabat ke sekolah dan PPDB online yang tidak transparan karena  hanya memuat data pendaftar, tidak memuat  data siswa baik sebagai penentu seleksi sehingga dapat menimbulkan prasangka buruk dari calon peserta didik dan orang tua peserta didik.

“Kami mengusulkan kuota yang kosong dari tiap jalur  dilimpahkan kepada SKTM kecuali di sekolah favorit  dilimpahkan ke jalur Zonasi,” pungkasnya. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close