HEADLINEPASBANDUNGPASJABARPASNUSANTARAPASPENDIDIKAN

Hari Ini Rektor ITB 2020 Dilantik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Majelis Wali Amanat ITB menggelar sidang terbuka pelantikan rektor ITB periode 2020-2025, Prof Reini Wirahadikusumah Ph.D di Aula Barat ITB jalan Ganesha No 10 pada, Senin (20/1/2020).

Acara dihadiri oleh  Gubernur Jawa Barat, Perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pimpinan dan Anggota Majelis Wali Amanat ITB, Pimpinan dan Anggota Senat Akademik ITB, Segenap Sivitas Akademika ITB,  tamu Kehormatan dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya Prof Reini Wirahadikusumah Ph.D mengungkapkan bahwa  berbagai capaian yang telah diraih ITB di masa kepemimpinan Sebelumnya, Prof. Kadarsah Suryadi adalah modal yang penting bagi ITB dan ia akan berupaya mendirikan kinerja terbaik,  dengan ketulusan hati,  dedikasi dan integritas serta  menjadikan kepemimpinan sebagai modal yang penting untuk melangkah kedepan.

“Saya  melihat bahwa banyak pihak yang mencintai ITB senantiasa mendukung ITB,  ITB adalah kesatuan kolektif dari insan intelektual dalam meningkatkan seni dan humaniora melaui tridharma,” jelasnya.

Reini melanjutkan bahwa dalam kiprah ITB telah banyak menghasilkan para intelektual, yang kondusif menghasilkan budaya,  yang terbuka dalam gagasan,  visioner dan sikap yang menjunjung tinggi akademik,  budaya dan keanekaragaman,  dengan potensi tersebut,  Reini berharap bahwa ia dapat menjaga nilai, semangat dan optimisme yang tinggi serta senantiasa menjaga kebersamaaan dalam keberagaman yang terus bertahan kedepan.

“Saya akan memberikan kinerja terbaik, membawa kepemimpinan ITB yang sinambung,  yang progresif dan harmonis, selaras dengan harapan MWA ITB,  senat ITB dan civitas akademika ITB juga masyarakat,” tandasnya.

Adapun langkah-langkah transformasi yang akan ditempuh adalah untuk mewujudkan sosok ITB 2025 dengan ciri-ciri utama yakni sistem Tridharma yang memfasilitasi seluruh komponen sivitas akademika untuk memberikan kinerja terbaiknya, Institusi yang memiliki reputasi kebangsaan, memberikan solusi terhadap masalah bangsa, dan dapat senantiasa menjaga dan meningkatkan martabat bangsa, Institusi dengan reputasi akademik yang terpandang dan setara dengan mitramitra internasional,  lulusan ITB berkualitas internasional. berkarakter nasionalis dan cinta NKRI, berperan di berbagai tingkatan pekerjaan, memiliki sikap inisiatif dan inovatif, kepeloporan, kolaboratif dan berintegritas  serta keberlanjutan regenerasi kepemimpinan.

“ITB yang senantiasa mampu bertransformasi sebagai  institusi yang berhasil dan berkelanjutan akan menjumpai tantangan-tangan yang harus diatasi. Kesamaan pemahaman akan visi, tujuan dan strategi transformasi pada seluruh elemen organisasi dan para pemangku kepentingan, merupakan faktor kunci bagi keberhasilan dan keberlanjutan tersebut. Kemudian, sikap saling mendukung dan bersinergi untuk kepentingan bersama, disertai dengan keyakinan, optimisme, kesabaran dan daya tahan yang tinggi, merupakan faktor yang memampukan bagi realisasi transformasi tersebu,” paparnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akrab diasapa Emil menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD mengucapkan selamat bertugas kepada Prof Reini Wirahadikusumah Ph.D yang mencetak sejarah 100 tahun ITB menjadi perempuan pertama yang menjadi rektor.

“Kami memiliki program yang ingin dijalankan bersama, semoga dalam kepemimpinan Prof Reini dapat dijalankan secepatnya sehingga SDM unggul, dan kami membutuhkan inovasi-inovasi pemerintahan, teknologi dari ITB,” tandas Emil. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close