HEADLINEPASPENDIDIKANTOKOH

Irma Rahmawati : Pendidikan Adalah Pondasi Bagi Kemajuan Negara

*) Ketua Prodi Magister Kenotariatan Unpas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPendidikan terang Ketua Prodi Magister Kenotariatan Unpas, Irma Rahmawati S.H, M.H,  LL.M, Ph.D adalah hal yang sangat penting dan dapat diibartakan seperti pondasi dalam sebuah rumah. Jika pendidikannya habat maka akan menghasilkan SDM berkualitas dan membawa pada kemajuan serta kesejahteraan sebuah bangsa, begitupun sebaliknya jika pendidikan di sebuah negara diabaikan dan tidak berkembang maka negaranya pun tidak akan maju.

“Berbicara pendidikan tak lepas dari peran guru atau dosen, karena para pengajar menurut saya merupakan para pelaku sistem pendidikan itu sendiri sehingga seorang guru maupun dosen memiliki kewajiban untuk mengupgrade pengetahuan denga  menghadiri berbagai event seminar,  terlebih profesi pengajar dalam bidang ilmu pengetahuan sangatlah dinamis,” terangnya.

Irma juga mengatakan bahwa dalam mengajar ia selalu menekankan sisi kreatif, karena lewat kreatifitas mahasiswa akan siap menghadapi kondisi apapun dan mendorong mahasiswa untuk menjadi entrepreneur sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan dan menyerap pengangguran.

“Nilai yang saja ajarkan lainnya kepada mahasiswa adalah bagaimana mahasiswa dapat berpegang teguh kepada aturan. Kita ketahui bahwa profesi di bidang hukum merupakan kepanjangan tagan dari pemerintah seperti dalam pembuatan akta atau mendokumentasikan sebuah peristiwa yang berkitan dengan hukum. Di samping itu, saya juga kerap berpesan  untuk selalu menjunjung tinggi nilai etika karena dalam bisnis, etika merupakan hal yang sangat penting. Tidak usah menjadi orang besar terlebih dahulu untuk kemudian menjadi beretika, namun dengan etika yang tinggi dalam hukum pasti akan dikejar oleh masyarakat, dengan profesional dan tidak menjelekan sesama profesi,”  papar Irma.

Adapun mengenai pengalaman mengajar, Irma mulai mengajar pada 1995 diangkat 1996 di mana kala itu ia baru menyelesaikan studi S1 dan langsung mendaftar ke Unpas sebagai dosen yang  tengah membutuhkan tenaga pengajar. Sambil mengajar, Irma pun melanjutkan sekolah notaris, dan menjadi notaris sekaligus dosen.

Lulusan S1 Unpad jurusan hukum spesialis kenotariatan tahun 1994, Sekolah notaris tahun 1994, S2 Unpad jurusan hukum tahun 2014 dan di University Utara Malaysia jurusan hukum 2017 ini pun sempat mengambil Postgraduate in Mary Time Law di Inggris tahun 2018 dan menjadi visiting reseacher di University Utara Malaysia tahun 2019.

“Suka duka yang saya lewati selama mengajar banyak sekali saah satu kebahagiaan saya adalah ketika saya bertemu dengan mahasiswa saya yang dulu yang sukses dalam karirnya, bahkan menjadi mitra kerja bersama itu adalah kebahagiaan yang tidak terbayarkan,” terang perempuan kelahiran Bandung  14 Agustus 1971.

Kedepannya Irma pun berharap bisa menjadi dosen yang membawa mahasiswanya menjadi lulusan-lulusan terbaik dan berperan serta dalam membanhun negara ini dan menjadi notaris yang semakin baik dalam menjunjung tinggi etika profesi. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close