PASBANDUNGPASPENDIDIKAN

Memilih Perguruan Tinggi Harus Sesuai Kemampuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMeski banyak yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri, namun siswa juga harus menyesuaikan dengan kemampuan diri.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kepada para siswa SMAN 5 Kota Bandung yang tengah menggelar Hari Karir 2020 dengan tema “Mantapkan Pilihanmu Untuk Masa Depan”, di SMAN 5 Bandung, Jalan Belitung, Rabu (22/1/2020).

“Selain belajar juga, kita perlu diskusi. Baik dengan teman maupun orang tua. Lalu ukur kemampuan kita sampai dimana, baru pilihan bisa ditentukan,” sarannya.

Yana menyarankan, untuk mendapatkan pilihan yang tepat, para siswa agar berdiskusi dengan teman maupun orang tua. Namun harus juga menyesuaikan kemampuan diri.

Tak kalah penting, Yana mengingatkan tentang ‘passion’ dan emosional. Passion atau gairah harus disesuaikan dengan kemampuan di lingkungan dan harus pandai bergaul. Di samping itu, para siswa harus menjaga emosi.

“Jangan sampai tergesa-gesa, terbawa emosi oleh orang lain. Perlu dipikirkan dengan matang ketika kita akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” pesan Yana.

Menurutnya, persaingan zaman sekarang sangat ketat. Para siswa harus menyiapkannya sejak dini. Mulai dari mental, intelektual dan ilmu yang dimiliki.

“Kita harus siap menghadapi perkembangan sekarang. Mampu bersaing dengan orang lain dalam meraih impian yang dicita-citakan,” tutur Yana.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Bandung, Suparman menyampaikan, kegiatan selama satu hari itu untuk memberikan bekal kepada para siswa agar termotivasi dalam meraih cita-citanya.

“Ini untuk memotivasi para siswa-siswi khususnya SMAN 5 Bandung. Untuk lebih termotivasi meraih ilmu ketika sudah selesai di tingkat menengah atas ini,” katanya. (Put)

 

Tags

Related Articles

Close
Close