PASBANDUNGPASBISNIS

Pemkot Bandung Sebut Harga Pangan Masih Stabil

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMAda kabar baik, di tengah-tengah ketegangan karena wabah virus covid-19. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah menyatakan harga pangan di Kota Bandung stabil.

“Kalaupun ada kenaikan harga, masih dalam batas-batas normal, dan tidak signifikan,” ujar Elly yang dihubungi via Telepon, Kamis (26/3/2020).

Elly mengatakan, stabilisasi harga dan stok bahan pangan ini, lantaran tidak ada aksi panic buying dari masyarakat.

“Kalaupun ada, itu hanya terjadi di minggu pertama saat wabah corona merebak dan itu juga terjadi hanya di beberapa gerai,” tuturnya.

Sekarang, lanjut Elly, masyarakat sudah lebih bijak dalam berbelanja, sehingga bisa menjaga kestabilan harga. Untuk itu, Elly mengucapkan rasa terimakasih kepada warga yang lebih bijak dalam berbelanja.

“Masyarakat sudah lebih bijak dalam berbelanja, sehingga hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan saja,” katanya.

Karenanya, Elly juga menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir, karena harga dan stok bahan pangan di Kota Bandung aman.”Semua aman terkendali, sampai lebaran nanti,” tegasnya.

Selain harga bahan pangan, Elly menyatakan, harga dan stok gas di Kota Bandung juga aman. Tidak akan ada kelangkaan, karena Distribusi juga aman.

Untuk bawang putih, bahkan sudah masuk impor dari China sebanyak 11 ribu ton. Sehingga diharapkan bisa cukup sampai lebaran.

Sedangkan untuk gula putih masih menunggu impor. Sehingga sampai sekarang masih terhitung langka di pasar-pasar modern.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Bermartabat, Herry Hermawan meminta kepada pedagang di pasar tradisional untuk menjaga stabilitas harga di pasaran. “Di tengah situasi pendemi virus corona ini jangan sampai persoalan masyarakat justru bertambah dengan gejolak harga kebutuhan di pasar,” ujar Herry.

Herry berharap, para pedagang ikut membatasi pembelian terhadap sejumlah komoditi yang disinyalir ada upaya penimbunan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. “Pedagang dan kepala pasar harus terus berkomunikasi melaporkan setiap perkembangan,” katanya. (Put)

Tags

Related Articles

Close
Close