HEADLINEPASBUDAYAPASDUNIAPASJABARPASKREATIFPASPENDIDIKAN

Rumpun Wargi Pasundan Washington DC Kunjungi PB Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMRumpun Wargi Pasundan (RWP) Washington DC Amerika Serikat, mengunjungi PB Paguyuban Pasundan untuk menjalin silaturahmi dan bekerjasama dalam kebudayaan dan pendidikan.

Kedatangan Presiden RWP bersama rombongan langsung diterima Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Prof Dr. HM Didi Turmudzi, M.Si bersama Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom, Sekjen Paguyuban Pasundan Dr. H. Dedi Hadian, Ketua YPT Pasundan Dr. H. Makbul Masyur, M.Si., beserta Pimpinan YPT Pasundan lainnya dan Ketua YPDM Pasundan, Dr. T Subarsyah S., S.H., S.Sos.,Sp.1,M.M. di Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera 41, Bandung, Kamis (5/3/2020).

Presiden RWP Haslan Jaya mengtakan jika Rumpun Wargi Pasundan di Amerika Serikat adalah organisasi yang bergerak di bidang budaya dan pendidikan untuk mengenalkan berbagai budaya Indonesia kepada masyarakat di Amerika Serikat.

“Kami adalah Lembaga non provit misi kami ingin memperkenalkan alat musik Indonesia kepada warga Amerika Serikat termasuk juga kuliner, kebudayaan, pariwisata dan sosial selain itu juga kami juga memberikan bantuan pendidikan untuk warga Indonesia dan juga bantuan untuk Indonesia jika terkena musibah,” tuturnya.

Ia menyebutkan sebagai upaya memperkenalkan budaya itu, ia mendatangi Paguyuban Pasundan dan juga Pemprov Jabar serta ISBI untuk mencari tahu dan juga menjalin silaturahmi sehingga kedepan bisa menjalin kerjasama kebudayaan dan pendidikan.

“Ini juga dalam rangka ulang tahun RWP Juli mendatang, kami ingin mengadakan festival kebudayaan Sunda. Karena terus terang untuk kebudayaan Sunda yang secara rutin diselenggarakan di Amerika sangatlah jarang. Kalau daerah lain selain Sunda setiap tahun ada. Sehingga tahun ini dalam rangka Ulang Tahun RWP, kami ingin menyelenggarakan festival kebudayaan Sunda, dan salah satunya mengajak Paguyuban Pasundan,” tambah Haslan.

Gayung pun bersambut, Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Prof Dr. HM Didi Turmudzi, M.Si menyetakan jika sebetulnya ada tim dibawah asuhan Paguyuban Pasundan yakni tim Angklung Muhibah akan melakukan lawatan ke Amerika Serikat.

“Tim Muhibah Angklung Paguyuban Pasundan akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat rencannya pada bulan Juni mereka akan keliling ke beberapa festival di Amerika Serikat. Sehingga mungkin mereka juga bisa berpentas dan memamerkan budaya sunda di ulangtahun RWP,” harap Prof Didi.

Prof Didi menyebutkan jika kerjasama tersebut bisa terus terjalin apalagi banyak dosen dan mahasiswa dan siswa di lingkungan Paguyuban Pasundan yang mengikuti lomba, atau undangan dan juga melakukan kerjasama di Amerika Serikat.

“Jadi jika ada dari lingkungan Paguyuban Pasundan ke Woshington DC jadi sudah punya saudara dari RWP yang bisa dihubungi,” tutur Didi.

Rencannya selain Paguyuban Pasundan, WRP akan mendatangi Pemprov Jabar dan juga Kampus ISBI Bandung. (tie)

Tags

Related Articles

Close
Close