Categories: PASBANDUNG

Sambut Tahun Baru Cina dengan Tur Malam Imlek

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM — Dalam rangka menyambut tahun baru Imlek pada 2019 Komunitas JAKATARUB (Jaringan Kerja Antar Umat Beragama) bersama  SALIM (Sahabat Lintas Iman)  mengadakan kegiatan Tur Malam Imlek 2019.

Kegiatan yang digelar kemarin, diikuti oleh sekitar diikuti 150 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas, organisasi keagamaan seperti  Mahasiswa UIN Sunan Gunung Jati, KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) Jawa Barat, GKI (Gereja Kristen Indonesia) Jawa Barat, Ikatan Wanita Katolik Jawa Barat, Komunitas Literasi, Komunitas Histori, Komunitas Enterpreneur, dan masayarakat umum lainnya.

Sekjen Jakatarub, Risdo Simangunsong mengatakan bahwa dalam rangkaian tur malam imlek ini peserta akan mengunjungi beberapa vihara dan klenteng yang terletak di sekitar Jalan Klenteng dan Jalan Cibadak, Kota Bandung.

“Titik awal tur Imlek kali ini adalah di Klenteng Besar atau Vihara Samudra Bahakti, kemudian berlanjut ke Vihara Tanda Bhakti,  Vihara Dharma Rhamsi,  Majelis Agama Khonghocu Indonesia atau MAKIN Kong Miao dan Vihara Sinar Mulia,” terangnya.

Peserta yang dibagi kedalam  empat kelompok pun kemudian bergantian mendapatkan penjelasan mengenai vihara dan tradisi imlek sambil melihat dan masuk ke dalam klenteng.

“Dalam kegiatan ini, peserta diperkenalkan mengenai tradisi dan budaya Tionghoa di Indonesia dalam menghayati tahun baru imlek. Disini peserta juga diperkenalkan tentang agama khonghocu, Taoisme juga Buddhisme Tiongkok,” jelasnya lagi.

Pesertapun nampak antusias mengikuti jalannya tur imlek sambil mencicipi beraneka menu seperti ketan bakar, Mie rebus, Bubur Kacang Hijau dan lainnya yang terdapat di beberapa klenteng.

Risdo pun menambahkan bahwa  pada umumnya banyak orang yang belum tahu seperti apa bentuk dan isi dari dalam kelenteng itu. Oleh sebab itu,  momen ini merupakan waktu yang tepat untuk melihat ritual-ritual dan perayaan malam imlek.

“Malam Tur Imlek juga adalah sebagai ajang untuk bersilaturahmi antar lintas agama,” ucapnya malam itu di sela-sela kegiatan. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Vinicius Junior Cetak Hat-trick Ke-15 Real Madrid

WWW.PASJABAR.COM -- Vinícius Junior mencetak hat-trick gemilang saat juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, bangkit…

22 menit ago

Real Madrid Hajar Borussia Dortmund 2-5

WWW.PASJABAR.COM -- Real Madrid berhasil comeback dan menghajar Borussia Dortmund di laga Liga Champion. Dengan…

1 jam ago

Media Internasional Kecam Rengekan Aneh Bahrain

WWW.PASJABAR.COM -- Tiga media internasional mengecam rengekan aneh Bahrain dan pasang badan untuk Timnas Indonesia,…

2 jam ago

Pekerja Instalasi Listrik Ditangkap Karena Bawa Sabu-sabu

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - IS alias Eno (42) tak berkutik saat diringkus Satuan Reserse Narkoba Polres…

3 jam ago

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-17

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-17 diprediksi akan menampilkan starting XI terbaiknya melawan Kuwait U-17 di…

3 jam ago

Bojan Hodak: Lion City Sailors Tak Bisa Diremehkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan menjamu Lion City Sailors dalam lanjutan AFC Champions League…

4 jam ago