Categories: HEADLINEPASPENDIDIKAN

Lulusan SMK Pasundan 3 Cimahi Tak Cukup Hanya Kompeten

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM – SMK Pasundan 3 Cimahi, tidak hanya cukup dengan kompetensi saja namun melahirkan siswa yang berkarakter menjadi salah satu yang utama.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SMK Pasundan 3 Cimahi, Subaryo S.Pd M.Pdyang ditemui Pasjabar,kemarin.

Sekolah yang berdiri pada tanggal 23 Maret 2009 tersebut terletak di Jl. Melong Raya No.168, Cijerah, Kota Cimahi, hadir untuk menfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan.

“Saat itu di perbatasan kota Bandung dan Cimahi belum banyak Sekolah kejuruan (SMK), padahal lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sangat banyak. Sehingga, kami akhirnya mengajukan kepada Yayasan Paguyuban Pasundan untuk mendirikan SMK Pasundan 3 Cimahi ini,” paparnya..

Sejak berdirinya SMK Padundan 3 pun sudah mendapatkan akreditasi  A. Dan kini memiliki beberapa jurusan yakni Multimedia, Akuntasi, dan Administrasi Perkantoran.

Lulusannya pun terserap dengan baik oleh pihak industri,  dimana setelah UNBK, siswa SMK Pasundan 3 Cimahi langsung mengikuti penerimaan pegawai di berbagai daerah.

“Kami memiliki jargon bahwa lulusannya tidak sekedar kompeten, bahwa untuk mengangkat persaingan kami bukan hanya mengunggulkan kemampuan siswa secara akademik dan keterampilan saja melainkan juga pengembangan karakter yang  menjadi modal di dunia kerja. Seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama,” terang Subaryo di sela-sela kegiatannya.

Subaryo pun menerangkan bahwa untuk menunjang karakter siswa, kegiatan pun tidak hanya dengan mengikuti kelas setiap minggu, namun ada pula kegiatan mengaji kajian keislaman, juga shalat dhuha bersama.

Disamping kognitif ,  dalam ranah pengembangan diri, ada pula berbagai macam kegiatan ektrakulikuler  seperti kreasi seni, kebudayaan sunda, diskusi dalam bahasa Inggris, PASKIBRA, Pramuka, Teater, Futsal, Vocal grup, Basket, Multimedia Kreatif dan lainnya yang bisa menjadi wahana pembelajaran siswa sekaligus hiburan sehingga terasa menyenangkan.

“Guru-guru kami pun sangat kreatif dan masih muda, sehingga membuat siswa bersemangat, ditambah pula dengan  fasilitas yang memadai seperti adanya lab simulasi perkantoran, yang didalamnya lengkap dengan ruang  penerima tamu, ruang meeting, ruang kerja, sebagai simulasi ketika anak-anak kami bekerja nanti.  kantor. Ada pula lab bahasa, lab akuntansi multimedia, dan lainnya,” jelasnya.

Bukan hanya fasilitas yang terbilang komplit, siswa pun difasilitasi dengan keterampilan mendesain gambar,  membatik juga menjahit, kebetulan SMK Pasundan 3 Cimahi dekat dengan sentra kiloan di Cigodewah yang memiliki potensi lokal yang bisa dikembangkan.

“Tidak lupa, setiap hari kamipun memprogramkan kebersihan,  memberikan pemahaman akan tanggung jawab terhadap lingkungannya sendiri, bagaimana bisa selalu bersih dan mereka tetap nyaman salah satunya kami membebaskan kepada siswa untuk mendesain kelasnya sendiri agar dapat mengekspresikan diri,” tambahnya.

Sesuai dengan amanat dari Paguyuban Pasundan, lanjut Subaryo bahwa SMK Pasundan 3 mengemban misi keislaman dan kesundaan, dimana seluruh warga SMK Pasundan 3 Cimahi bisa menjadi sumber manusia yang unggul dan berkah, khususnya unggul kebaikan.

“Yang tidak kalah penting adalah menjadikan siswa berbudaya sunda dimana nyantri, nyakola silih asah dan asuh ada di dalamnya,” tandasnya.

Dalam penerapannya sendiri, siswa SMK Pasundan 3 Cimahi sebagai bentuk pembekalan untuk siswa sejak kelas X siswa sudah diajak untuk melakukan kunjungan industri, di kelas XI melaksanakan  praktek kerja industri, serta di kelas  XII bekerjasama dengan mitra industri untuk menyalurkan lulusannya.

Adapun beberapa kerjasama yang sudah dilakukan diantaranya dengan stasiun televisi MQ TV, Bandung Radio,  Ayeuna Studio, Tecknopack Cimahi, ITB, Jiwasyara,  Kantor Pajak Majalaya, dengan beberapa perguruan tinggi lainnya, juga UNPAS.

“Menjelang tahun ke 10 ini, kami berharap dapat terus menjadi sekolah yang unggul dan berkah, dapat terus implementasikan program dengan maksimal dan sukses, sehingga dapat melahirkan lulusan yang berkualitas,” paparnya.

Sebagai bagian dari Yayasan Perguruan Menegah  Paguyuban Pasundan yang mempunyai visi memerangi kemkskinan dan kebodohan, maka SMK Pasundan 3 pun dapat memiliki peran tersebut dan ingin semua alumninya bisa menjadi lulusan yang terbaik dilingkungannya.

Dalam perjalanannyapun SMK Pasundan 3 Cimahi sudah berhasil meraih berbagai macam prestasi mulai dari Juara 1 purwa lomba aksi Baris Berbaris (ALBAR IX) SMA Negeri 1 Ciparay Tingkat SMA/SMK Sederajat Se-Jawa Barat tahun 2017, Juara Umum HUT RI Ke 72 dan HAORNAS Paguyuban Pasundan Gugus Cimahi Selatan Tahun 2017, Juara Peserta Terbaik Aksi Lombq Pengibar Bendera (ALBAR IX) SMA Negeri 1 Ciparay 2017, Juara II Volly Ball Putro Porseni SMK Se Kota Cimahi 2019, Juara III Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Tingkat SMA/SMK/MA Se Kota Cimahi tahun 2017, Throphy Bergilir Ketua YPDM Pasundan Kegiatan Olah Raha Guru Antar Pasundan HUT RI Ke 72, Juara Purwa 1 LKBB Akrisenda Tingkat SMA/K/MA Sederajat Se Jawa Barat (Open) dan lain sebagainya. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Ribuan Warga Jabar Ikuti Senam Bersama Porpi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan warga dari kabupaten/Kota di Jabar ikuti Senam Bersama Persatuan Olahraga Pernafasan…

1 jam ago

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

14 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

14 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

14 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

15 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

15 jam ago