Categories: PASBISNIS

Mau Tambah Modal, Aktif Saja di Toko Modal

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM —  Untuk menaikan omzet toko tentunya membutuhkan modal. Modal ini biasanya tidak mudah didapatkan apalagi dari perbankan.

Kini melalui mitra outlet binaan alfamart (OBA), dari PT Sumber Alfaria Trijaja tbk, memberikan bantuan modal usaha yang diberi nama toko modal.

“Kami memberikan pinjaman kepada pemilik toko aktif, untuk menambah modal toko,” ujar Co-Founder Toko modal, Cris Antonius, kepada Wartawan Senin (11/2/2019).

Peminjam bisa mengembalikan pinjamannya, setelah barang jualannya laku. Sehingga diharapkan tidak memberatkan pedagang.

“Pengembalian barang bisa dalam 7-14 hari, dengan bunga pinjaman 1 % per dua minggu,” katanya.

Peminjam sendiri, harus merupakan anggota OBA aktif, dengan  waktu keanggotaan minimal tiga bulan. Sehingga peminjam bisa berbelanja di aplikasi Alfa Mikro, dan ketika akan chekout, bisa memilih akan membayar langsung, atau meminjam melalui toko modal.

“Kami akan memberi injaman berupa barang dagangan. Tapi saat pengembalian, peminjam akan mengembalikan dalam bentuk uang,” tambahnya.

Toko Modal sendiri sudah daftar ke OJK sejak februari, tapi mulai melayani pinjaman sejak akhir September.

Selama termin September-Desember 2018, sudah melayani sekitar 8.500 OBA se Indonsia, sementara di Jabar ada sekitar 2.600 OBA. Dengan transaksi 30 ribu transaksi dan 50 % di antaranya adalah transaksi di Jabar.

“Kalau kami rata-ratakan dalam tiga bulan satu warung melakukan transaksi sebanyak 15 transaksi dengan nilai sekali transaksi sebesar Rp1,5 juta,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang pemilik toko binaan alfamart (OBA). Lucy mengatakan, dirinya sudah menjadi binaan Alfa sejak 2011.

“Sebenarnya saya sudah buka warung sejak 2009, dulu modal awalnya Rp10 juta. Tapi sejak 2011, saya belanja di Alfa, karena waktu itu, ada sales yang menawari untuk belanja ke Alfa,” tambahnya.

Lucy menceritakan keuntungan menjadi mitra Alfa, diantaranya, mendapat pelatihan pngelolaan toko, dan ketika berbelanja diantar dengan geratis ongkir.

Dalam Seminggu, Lucy berbelanja tiga kali, dengan transaksi sekali belanja sekitar Rp1 juta -Rp1,5 juta. “Saya banyak mendapat banyak keuntungan berbelanja di Alfa. Apalagi setelah sekarang ada toko modal, bisa pinjam dulu,” pungkasnya. (put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Liverpool Geser Manchester City dari Puncak Klasemen

WWW.PASJABAR.COM -- Puncak kalasemen Liga Inggris berguncang setelah Liverpool berhasil menggeser sang pemuncak Manchester City.…

2 jam ago

Brace Luis Diaz Bawa The Reds Menang 3-0 atas Bournemouth

WWW.PASJABAR.COM -- Menjamu Bournemouth di pekan kelima Liga Inggris, Liverpool berpesta 3 gol tanpa balas.…

3 jam ago

PKM Unpas Bantu Sukseskan Kampung Inspirasi Lewat Aplikasi Pengelola Sampah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - RW 17 Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, dikenal sebagai "Kampung Inspirasi"…

5 jam ago

Modal Persija Memburu 3 Poin di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persija Jakarta mengusung misi 'mewah' saat dijamu Persib Bandung dalam lanjutan Liga…

5 jam ago

Head to Head Persib Vs Persija: Tak Ada yang Dominan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan menghadapi lawan berat dalam lanjutan Liga 1 2024/2025. Kali…

7 jam ago

Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dikebut Agar Bisa Melawan Bahrain dan China

WWW.PASJABAR.COM -- Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dikebut guna bisa bermain melawan Bahrain…

7 jam ago