Surat Cinta Siswa SMP untuk Istri Bung Karno di Hari Valentine

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM — Komunitas Sakola Ra’jat (SR) Iboe Inggit Garnasih membuat acara unik bertepatan dengan momentum Valentine alias Hari Kasih Sayang. Mereka menggelar kegiatan ‘Menulis Surat Cinta Untuk Ibu Bangsa’ di SMP Dewi Sartika, Kota Bandung, Kamis (14/2/2019).

Dalam kegiatan itu, para siswa diberikan pengetahuan seputar sosok Inggit Garnasih yang merupakan istri pertama Presiden Soekarno. Pemberi materi adalah Tito Asmarahadi yang merupakan cucu angkat Inggit Garnasih.

Setelah itu, para siswa diajak untuk menuliskan surat cinta bagi Inggit melalui selembar kertas yang diberikan. Masing-masing siswa kemudian menuliskan surat yang mayoritas mengungkap rasa terima kasih atas perjuangan Inggit selama mendampingi Bung Karno.

Panitia kegiatan, Gatot Gunawan, mengatakan Menulis Surat Cinta Untuk Ibu Bangsa merupakan bagian dari Peringatan Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit Garnasih. Bulan cinta sendiri berisi beragam rangkaian kegiatan untuk menyambut hari lahir Inggit Garnasih pada 17 Februari 1888.

Kegiatan menulis surat cinta itu pun sengaja digelar bertepatan dengan momentum Valentine. SR Iboe Inggit Garnasih ingin mengajak generasi muda untuk mengingat sejarah dan mengambil pelajaran daripada memperingati Valentine dengan kegiatan kurang bermanfaat.

“Tujuan kegiatan ini kita ingin mengenalkan Ibu Inggit Garnasih kepada masyarakat, khususnya generasi muda, karena nama Ibu Inggit ini mulai terlupakan,” kata Gatot.

Sosok Inggit Garnasih sendiri bisa memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat. Inggit merupakan sosok yang memiliki cinta kasih, kesetiaan, perjuangan, pengorbanan, hingga ketulusan.

Inggit-lah yang setia mendampingi Bung Karno di masa-masa perjuangan melawan penjajahan Belanda. Bahkan, bisa dibilang Inggit-lah salah seorang yang membuat Bung Karno menjadi sosok yang begitu tangguh dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Banyak pesan moral dari Ibu Inggit yang bisa dipetik pelajaran. Makanya melalui momen Valentine ini kami selalu membuat surat cinta setiap tanggal 14 Februari,” tutur Gatot.

Kegiatan menulis surat cinta tahun ini merupakan kali ketiga dilaksanakan. Pada dua tahun sebelumnya, kegiatan digelar di SD Astanaanyar dan SD Kopo.

Di tahun-tahun berikutnya juga akan digelar kegiatan serupa. Puncaknya, di tahun kelima akan digelar pameran surat cinta untuk Inggit Garnasih yang terkumpul selama 5 tahun.

Hanafi, salah seorang siswa, mengungkap isi surat yang ditulisnya untuk Inggit Garnasih. Ia menghormati perjuangan besar Inggit yang sangat setia mendampingi Bung Karno.

“Saya ingin menyampaikan bahwa saya berterima kasih atas semua perjuangan Ibu Inggit Garnasih karena beliau telah berani dan rela berkorban demi kemerdekaan bangsa Indonesia,” tutur Hanafi.

Inggit Garnasih sendiri menikah dengan Bung Karno pada 1923. Pernikahannya berjalan selama 20 tahun hingga akhirnya mereka bercerai pada 1943.

Salah satu bukti kesetiaan Inggit adalah selalu mengunjungi Bung Karno saat dipenjara ke Penjara Banceuy. Inggit pula yang jadi penyambung pesan Bung Karno untuk para pejuang kemerdekaan saat itu.

Inggit meninggal pada 13 April 1984. Tapi, dari pernikahannya dengan Bung Karno, Inggit tidak memiliki keturunan. Meski berperan besar di masa perjuangan kemerdekaan, Inggit hingga kini belum menyandang status Pahlawan Nasional. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

10 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

11 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

12 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

13 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

14 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

15 jam ago