Deden : Debat Capres 2 Jangan Lagi Seperti Cerdas Cermat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat capres kedua dalam beberapa segmentasi hari ini, Minggu (17/2/2019).

Pengamat Komunikasi Politik, Dr H Deden Ramdan MSi.CICP.DBA mengatakan jika debat kedua calon presiden kali ini jangan lagi seperti menghafal dan menjawab “cerdas cermat”.

“Gaya komunikasi, gesture, dan kemampuan merespon dan menanggapi setiap pertanyaan harus tepat , luwes, dan cerdas sehingga tidak seperti menghafal dan menjawab cerdas cermat” ujarnya kepada Pasjabar, Minggu (17/2/2019).

Deden yang juga merupakan Wakil Rektor III Universitas Pasundan (Unpas) mengatakan, debat Capres 2 ini mengambil tema : Infrastruktur, Pangan, Energi, SDA dan Lingkungan.

“Ini tentu menentukan  suara khususnya kalangan undicided voter dan swinging voter  yang sampai hari ini belum menentukan preferensi pilihannya. oleh sebab itu ada tuntutan agar para kandidat bisa memaksimalkan debat tahapan 2,” ujarnya.

Dijelaskannya debat yang akan digelar tersebut akan menjawab tahapan eksplorasi dan inspirasi yang menjadi substansi dan inti calon pemilih untuk memastikan pilihannya.

Debat yang digelar KPU kali ini akan sama seperti saat debat pertama Januari 2019. “Durasi waktu per segmennya sama seperti debat pertama, tapi berbeda mekanismenya,” kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di Hotel Mercure Sabang, Jakarta, Jumat lalu.

Debat kedua berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, mulai pukul 20.00 selama 90 menit, tidak diikuti cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno. Debat yang bertema isu sumber daya alam, energi dan pangan, lingkungan hidup, serta infrastruktur disiarkan di beberapa stasiun televisi yakni Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), GTV, MNC TV, dan Inews TV. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

33 menit ago

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

2 jam ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

3 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

4 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

15 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

16 jam ago