Categories: HEADLINEPASBANDUNG

Oded Akan Temui Bupati Bandung Bahas Banjir Bandang Cijambe

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM – Pasca banjir bandang Cijambe, Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, kemarin sore (1/4/2019), Wali Kota Bandung Oded M Daniel, berencana menemui Bupati Bandung Dadang Nasser.

Hal tersebut lataran lokasi jebolnya tanggul di SD 224 Aji Tunggal Cijambe, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung tersebut berada di perbatasan antara kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

“Ke depan saya akan mencoba berkoordinasi dengan Bupati Bandung. Saya berharap nanti bisa mengkoordinasikan banjir lintas wilayah ini, karena tentu kebijakan dari dua wilayah,” ungkapnya.

Penyebab banjir bandang itu diungkapkan Oded, disinyalir derasnya arus Sungai Cicalobak ini juga dikarenakan volume air yang tinggi dari kawasan utara yang termasuk ke wilayah Kabupaten Bandung.

Selain beragam upaya penanganan tersebut, Oded juga tetap mengimbau kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaannya. Sebab, potensi luapan air bisa tiba-tiba datang sekalipun wilayah Kota Bandung sedang tidak diguyur hujan.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh warga yang ada di bantaran sungai untuk lebih waspada dan hati-hati. Boleh jadi, di bawah tidak hujan tetapi di atas hujan, maka banjir bisa datang tanpa diduga,” ujarnya.

‎Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pun menginstruksikan sejumlah dinas untuk membantu warga terdampak jebolnya tanggul di SD 224 Aji Tunggal Cijambe, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung.

Selain Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Oded juga telah menginstruksikan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung untuk menyiapkan sejumlah kebutuhan warga yang terdampak.

“Saya sudah instruksikan aparat kewilayahan yang didukung dinas terkait termasuk Damkar dan Dinsos apa yang dibutuhkan masyarakat harus terkoordinasi dengan baik. Informasi dari pak camat banjir tengah diatasi dan ditangani masyarakat. Termasuk tim gober juga turun tangan,” kata Oded, Selasa (2/4/2019).

Oded mendapat laporan tentang peristiwa tersebut pada pukul 16.00 WIB. Informasi yang diperolehnya menyatakan, sebuah tanggul di bantaran Sungai Cicalobak jebol. Luapan air turut merusak dinding sekolah dan merangsek ke pemukiman warga di RT 07 RW 06, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung.

“Tentu ini banjir akibat hujan yang cukup deras dan besar hampir selama dua jam. Kabarnya banjir bukan hanya di bawah tapi di atas. Alhamdulillah, aparatur kewilayahan sudah mengevakuasi anak-anak sekolah dan menutup tanggul yang roboh. Diharapkan tanggul yang ditutup tidak meluas ke warga,” bebernya.

Informasi sementara, tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut.

“Dinas terkait sudah hadir di sana. Petugas Tagana dan PMI juga hadir di sana. Terpenting menurut informasi tidak ada korban,” ujarnya.(put)‎

admin

Recent Posts

Harga Pangan Bervariasi: Ayam dan Cabai Turun, Bawang Melonjak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pada Sabtu (21/9/2024) pagi, harga beberapa komoditas pangan seperti daging ayam ras,…

53 menit ago

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

2 jam ago

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

3 jam ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

4 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

5 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

16 jam ago