Categories: PASBANDUNG

Menteri Bappenas : Bangun Bandung Jangan Selalu Andalkan APBN

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM — Mentri Perencanaan Pembangunan dan Bappenas RI, Bambang P.S Brojonegoro, ingatkan Pemkot Bandung tidak bisa selalu mengandalkan pembangunan kota dengan APBD dan APBN.

“Kita harus mengubah pola pembiayaan dengan tidak mengandalkan APBD dan APBN. Karena bagaimanapun juga kemampuan kita sangat terbatas,” ujar Bambang, yang ditemui usai penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemkot Bandung dengan Bappenas, Jumat (26/4/2019).

Karenanya, Bambang mengatakan, pihaknya akan menorong Pemkot Bandung untuk mengembangkan Pembiayaan Investasi Non Anggaran (PINA) dan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Kita memang membutuhkan kerjasama dengan swasta, untuk pembanguan,,” tambahnya.

Pembangunan tersebut, lanjut Bambang, terfokus pada infrastruktur transportasi, infrastruktur lelang dasar, dan infrastruktur pemukiman.

Bambang mengatakan infrastruktur transportasi di Kota Bandung wajib untuk dibangun, karena Kota Bandung tidak memiliki moda transportasi umum yang memadai.

“Karena Bandung tidak punya transportasi umum, maka semua orang terpatok pada transportasi pribadi, baik itu motor ataupun mobil. Makanya Bandung jadi macet,” katanya.

Untuk itu Bappenas mendorong, pembangunan infrastruktur transportasi yang terintegrasi antara Kota Bandung dan Bandung raya.

Selain itu, pembangunan hunian vertikal juga harus mulai diperhatikan. Namun, Bambang menegaskan, hunian vertikal harus untuk kelas menengah, dengan lokasi yang tidak di pinggir kota.

“Kalau hunian vertikal, apartemen untuk kelas menengah atas, pasti mereka sudah punya hunian beberapa lokasi. Yang kemudian harus dipikirkan, adalah hunian vertikal untuk kelas menengah,” bebernya. (put)

admin

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

10 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

11 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

12 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

13 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

15 jam ago