Categories: PASBANDUNGPASBISNIS

Pemkot Harus Bantu Masyarakat Sukseskan Urban Farming

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM — Walikota Bandung Oded M.Danial meminta pembagian bibit tanaman ke warga Kota Bandung. Pasalnya, Oded melihat antusiasme warga dalam menikuti acara Bandung Agri Market (BAM) sangat antusias.

“Saya melihat sendiri, bagaimana masyarakat sangat antusias mengikuti acara BAM ini. Mereka rela mengantre, meminta bibit tanaman gratis bakan ari jam 06.00,” ujar Ode yang ditemui di acara BAM, Minggu (28/4/2019).

Oded mengatakan, antusiasme masyarakat ini, membuktikan bawah masyarakat punya minat lebih terhadap bercocok tanam walaupun dengan ‎lahan yan sangat terbatas.

“Sekarang kan masyarakat sangat tertarik dengan bercocok tanam ala urban farming,” tambahnya

Karenanya, Oded mengatakan Pemkot Bandung harus memfasilitasi minat masyarakat tersebut.

Terlebih, lanjut Oded, sekarang hasil urban farming dari kampung berkebun bisa dinikmati bukan anya untuk prbadi, namun juga punya nilai ekonomi.

Menanggapi hal ini, plt Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Elly Waslia mengatakan, akan menambah agenda gelaran BAM.

“Biasanya dalam setahun, kita menggelar BAM dua kali. Sekarang sesuai arahan Pak Walikota, akan kami gelar setahun tiga kali,” tutur Elly.

Elly mengatakan, dalam acara BAM kali ini dibagikan, 3600 bibit pohon, sayuran dan tanaman hiasn 200 bibi cabe rawit, 200 polibag terong. 300 polibag straoberi. 250 bibit anggrek bulan, 300 jahe merah, 100 pot anglomena, 200 polibag bibit pisang kavendis, 200 telur puyuh, 500 kantong bibit ikan hias dan ikan konsumsi.

“Sebenarnya, selain di acara BAM ini, kami juga menyebar bibit pohon ke kewilayahan sebanyak 10 rbu, atas permintaan camat atau lurah,” katanya.

Acara BAM ini lanjut Elly, menghadirkan perwakilan dari RW-RW di Kota Bandung yang memiliki kampung berkebun. Meski yang ditampilkan tidak di semua RW, menurut Elly dalam sekali gelaran BAM pihaknya hanya menyediakan 34 stan.

“Jadi hasil kampung berkebun bisa dijual di acara ini,” tegasnya. (put)‎

 

admin

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

49 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

50 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

51 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

3 jam ago