Categories: PASBANDUNGPASBUDAYA

Mengenal Balad Badega Si Penjaga Keasrian Desa

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM — Desa Sayati di Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, kini punya komunitas yang bertugas menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Komunitas ini bernama Balad Badega.

Sejak beberapa bulan lalu, ide membentuk komunitas itu lahir. Itu karena kondisi lingkungan di sekitar Sayati yang cukup bermasalah dengan keberadaan sampah.

Sebab, tidak semua warga di sana peduli terhadap sampah. Sehingga, dirasa perlu membentuk satu komunitas khusus yang fokus menangani sampah.

Para anggota komunitas inilah yang tejun langsung membersihkan sampah. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan cara lain agar kesadaran warga seputar sampah semakin tumbuh.

“Mereka juga memberikan edukasi tentang lingkungan dan hal lain kepada masyarakat secara langsung,” ujar Kepala Desa Sayati Nandar Kusnandar.

Hadirnya mereka diharapkan jadi solusi bagi permasalahan di kawasan sekitar. Apalagi, yang dilakukan bukan hanya sekedar bersih-bersih sampah semata.

“Mereka adalah kader penjaga lingkungan, kader konservasi, dan kader resinitasi yang tujuannya membantu masyarakat mengontrol lingkungan sekitar,” jelas Nandar.

Sementara meski aktivitas mereka sudah berjalan, mereka baru dikukuhkan secara resmi pada akhir April 2019. Sebelum dilantik, mereka juga diberi pendidikan dan latihan dasar di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, agar semakin mantap dalam bertugas.

Saat ini, total sudah ada 24 anggota di komunitas tersebut. Meski jumlahnya masih sedikit, kehadiran mereka diharapkan menjadi inspirasi bagi warga, khususnya warga desa setempat agar semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Kehadiran mereka juga diharapkan mampu membantu mewujudkan target Kabupaten Bandung bebas dari sampah pada 2020. Balad Badega pun diharapkan menjadi inspirasi bagi warga lain di Jawa Barat dan Indonesia untuk semakin mencintai dan menjaga lingkungan.

Sebab, kebersihan lingkungan tidak hanya bisa ditangani oleh pemerintah. Perlu kerjasama dan peran aktif berbagai pihak untuk mewujudkannya. (ors)

admin

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

14 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

15 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

16 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

17 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

18 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

19 jam ago