Bukan Dibebaskan, Solatun Tetap Diproses Hukum oleh Polda Jabar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM – Dr. Solatun Dulah Sayuti (SDS) yang kemarin ditangkap Polda Jabar karena diduga menyebarkan ujaran kebencan di media sosial facebook miliknya, hari ini, Sabtu (11/5/2019) dilepaskan oleh Polda Jabar.

Meski demikian, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menegaskan jika tersangka bukan dibebaskan, melainkan tidak dapat ditahan namun tindak pidananya tetap diproses hukum.

“Pasal yang dipersangkakan objektif secara formal tidak dapat dilakukan penahanan namun proses hukum atas tindak pidananya tetap berjalan,” ujarnya kepada Pasjabar, yang dihubungi melalui ponselnya, Sabtu (11/5/2019).

UU pada pasal yang disangkakan dikatakan Trunoyudo yaitu pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946, yang berbunyi, barang siapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya dua tahun.

Karena hukuman di bawah lima tahun, maka bisa tidak dilakukan penahanan. “Namun bukan berarti dibebaskan” tegas Trunoyudo.

Sebelumnya, Solatun ditangkap penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar karena diduga menyebar ujaran kebencian di media Facebook yang ditulisnya pada 9 Mei 2019, lalu prihal people power.

Solatun sendiri, sebelumnya mengaku sebagai dosen di Pascasarjana Unpas, namun baik Rektor ataupun Direktur Pascasarjana Unpas membantah jika Solatun merupakan dosen di kampusnya, namun hanya sebagai dosen luar biasa atau tamu saja. (j-be)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago