Categories: PASBANDUNG

Tak Bawa KTP ke Bandung Siap-Siap Dipaksa Pulang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung akan memulangkan dengan paksa jika ada pendatang yang  tidak membawa identitas seperti KTP atau surat keterangan.

“Kita akan lakukan pendataan penduduk pendatang dan langsung eksekusi. Jadi kita ditanya dulu ya, kalau untuk yang tinggal atau kerja  6 bulan kedepan mereka harus segera mengurus surat kepindahan nanti dari Disduk diberi formulir surat keterangan tinggal sementara (STKS),” jelas Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Siti Wahyuni di Bandung menjawab taman Sejarah, Kamis (23/5/2019).

“Kalau yang hanya beberapa hari tidak harus ya, tapi bagi yang tidak membawa KTP akan langsung kami suruh pulang lagi,” tegasnya.

Itu dilakukan, kata Siti agar arus urbanisasi pasca lebaran tidak terkendali, serta maksud dan tujuan para pendatangpun menjadi jelas tidak malah nantinya merepotkan Pemkot Bandung.

“Tahun kemarin pun kita tegas, ada dua orang yang kita pulang kan karena tidak bawa identitas,” jelasnya lagi.

Masih kata Siti, hingga bulan April kemarin warga pendatang terdata sebanyak 3600 pendatang sedang yang keluar Bandung sebanyak 2900 orang.

Sebagian sudah membuat surat keterangan pindah dan akan disisir lagi pada operasi simpati pada tanggal 31 Mei 2019.

“Dilakukan di tiga titik yakni terminal Leuwi panjang, Cicaheum, dan stasiun Kiaracondong,” terangnya.

Siti kembali menghimbau agar para pendatang ke kota Bandung membawa identitas diri. “Bandung selalu menjadi daya tarik pendatang selain untuk usaha, tempat pendidikan favorit pun ada di Bandung, sehingga kita pun akan melalukan penyisiran ke kos-kost an ya,” paparnya.

Pendataan itu bukan hanya dilakukan pada warga negara Indonesia (WNA)tetapi juga pada warga negara asing (WNI).  Untuk WNA lanjut dia akan diberikan surat keterangan tempat tinggal sementara.

“Karena biasanya mereka disini dengan alasan kerja ya, jadi mereka juga harus ada identitasnya,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Siti pun menyarankan agar disaat arus mudik dan balik ini bagi warga Bandung jangan memaksakan membawa sodara ke Bandung tanpa ada tujuan yang jelas.

Sementara itu ditambahkan Sekertaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menyarankan agar operasi simpati dilakukan pada hari  Sabtu (8/6/2019) jangan di hari Senin (10/6/2019).

“Kalau hari Senin sudah biasa itu sudah masuk orang kerja tapi kalau Sabtu nya kan masih bisa dilihat dia itu punya tujuan atau tidak,” saran Ema.  (put)‎

admin

Recent Posts

Liverpool Geser Manchester City dari Puncak Klasemen

WWW.PASJABAR.COM -- Puncak kalasemen Liga Inggris berguncang setelah Liverpool berhasil menggeser sang pemuncak Manchester City.…

5 jam ago

Brace Luis Diaz Bawa The Reds Menang 3-0 atas Bournemouth

WWW.PASJABAR.COM -- Menjamu Bournemouth di pekan kelima Liga Inggris, Liverpool berpesta 3 gol tanpa balas.…

5 jam ago

PKM Unpas Bantu Sukseskan Kampung Inspirasi Lewat Aplikasi Pengelola Sampah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - RW 17 Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, dikenal sebagai "Kampung Inspirasi"…

7 jam ago

Modal Persija Memburu 3 Poin di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persija Jakarta mengusung misi 'mewah' saat dijamu Persib Bandung dalam lanjutan Liga…

7 jam ago

Head to Head Persib Vs Persija: Tak Ada yang Dominan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan menghadapi lawan berat dalam lanjutan Liga 1 2024/2025. Kali…

9 jam ago

Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dikebut Agar Bisa Melawan Bahrain dan China

WWW.PASJABAR.COM -- Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dikebut guna bisa bermain melawan Bahrain…

10 jam ago