Jurus Sakti Ridwan Kamil Menghadapi Kemarau Panjang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Jurus sakti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menghadapi musim kemarau panjang. Agar tidak terjadi kekeringan, yang bisa mengancam pertanian gagal panen.

Pertama, Kang Emil mengimbau agar masyarakat Jawa Barat harus berhemat air, caranya menghemat penggunaan air. Sebab jika boros menggunakan air, potensi kekeringan akan semakin terbuka.

Kedua, Kang Emil mengaku telah menginstruksikan perusahaan daerah air minum (PDAM) se-Jawa Barat untuk menyiapkan layanan tambahan bagi warga Jawa Barat yang kekurangan air. PDAM harus menyalurkan air bersih dengan harga terjangkau dan menjalankan sistem jemput bola. “Jadi PDAM harus yang mendatangi warga di titik-titik yang membutuhkan air bersih, bukan menunggu warga meminta ” Tegasnya.

Ketiga, Kang Emil mengintruksikan pemerintah daerah Kabupaten dan kota se-Jawa Barat untuk mengatur irigasi ke area persawahan di wilayah masing-masing. Sebab, jika tidak diatur, air yang ada dikhawatirkan akan cepat habis dan berpotensi mengakibatkan kekeringan hingga gagal panen.

Jurus terakhir, Hujan buatan. Tetapi ini akan menjadi jurus pamungkas jika sangat mendesak. Karena membuat hujan buatan biayanya mahal. ” Rekayasa cuaca atau hujan buatan, harus dilihat efektivitasnya karena harganya juga tidak murah, ini menjadi solusi terakhir, ” jelas Ridwan Kamil. (Ors)

admin

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Kandaskan Timor Leste dengan Skor 3-1

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua…

8 jam ago

Yaman akan Menjadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia, setelah Gilas Maladewa 3-0

WWW.PASJABAR.COM -- Dua gol dicetak pemain Yaman di laga Yaman U20 vs Maladewa U20 di…

9 jam ago

Media Gathering PTDI & Kemhan RI: Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara”, PT Dirgantara Indonesia (PTDI)…

9 jam ago

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

11 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

12 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

13 jam ago