Categories: PASBANDUNGPASBISNIS

Makanan Sunda yang Lengkap dan Bervariasi Ini Tak Akan Bikin Bosan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sebagai sajian yang khas, makanan sunda selalu menjadi daya tarik siapapun untuk menyantapnya. Apalagi jika sajiannya bervariasi namun tetap dengan ala dan rasa khas tanah parahyangan.

Di Rumah Makan Manjabal yang memiliki banyak cabang, dan salah  satunya terletak di Jalan Soekarno Hatta No 88, Sukawarna, Kota Bandung ternyata menyajikan sajian khas sunda yang sangat memiliki berbagai varian dan tak akan bosan.

“Rumah Makan Manjabal sudah ada mulai hadir di Bandung sejak 2016 dan menyediakan berbagai varian menu khas sunda yang cukup lengkap, sehingga pengunjung bisa memilih menu apa yang sedang diinginkannya,” terang Pengelola Rumah Makan Manjabal cabang Soekarno Hatta Felix William.

Beberapa diantaranya yakni nasi timbel baik polos atau komplit, liwet, gepuk, tutug oncom,  serta nasi goreng atau seafood. Adapula gurame salah satu menu andalan dengan berbagai variasi sepertu di bakar cobek, kecap kacang, goreng, asam manis, acar, sop, dan tumis pete.

Tidak hanya itu, ada pula sop bauik buntut maupun iga, juga daging bebek kewod, ayam goreng, ayam bakar, dan gepuk sapi.

Untuk udang juga bervariasi dari udang goreng, asam manis, dan goreng tepung. Serta cumi tumis, asam manis dan goreng tepung, ditambah sayuran seperti karedok campur, cah kangkung, cah genjer, cah toge tahu, pencok leunca, jengkol atau pete, ulukutuk leunca, dan lainnya.

“Melengkapi sajian kami, tersedia pula lauk tambahan berupa telur dadar seperti peda, pete, dan mata sapi, asin jambal, mendoan, tahu goreng, tempe goremg, dan tumis tulang bawal. Serta ada pula sambal goang dan sambal dadak,” tandasnya.

Minumannya terdiri dari es jeruk, es kelapa muda, kelapa batok, alpukat gula aren, es marquisa, soda gembira, jus kelapa muda, jeruk nipis, jus wotel, es campur, aneka kopi, teh manis panas atau hangat, dan lain-lain.

“Untuk pemilik Rumah Makan Manjabal ini adalah H Oom yang berasal dari Ciamis Gunung Cuku Jawa barat yang mulai merintis usaha ini sejak 1997 dan dibuka pertama kali  di Ciamis,” terangnya beberapa waktu lalu.

Felix melanjutkan bahwa menu masakan khas Sunda yang ditawarkan di Cabang Soekarno Hatta ini tetap sama dengan yang ada di pusatnya, Ciamis.

“Semua resep masakan yang ada di Manjabal berasal dari koki yang berasal dari Ciamis, sehingga citarasanya sama dan tetap terjaga,” tandasnya.

Sementara itu untuk keseluruhan varian menunya berkisar antara Rp.5.000 hingga Rp 98.000. Dan untuk minuman dari Rp 6.000 hingga Rp 22.000.

Adapun jam operasional Rumah Makan Manjabal Soekarno Hatta dibuka setiap hari pada pukul 09.00 WIB-21.00 WIB. (Tan)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

5 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

6 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

8 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

8 jam ago