Paguyuban Pasundan Lahir dari Peradaban, Kekayaan  Intelektualitas dan Budaya yang Luar Biasa

ADVERTISEMENT

BANDUNG. WWW.PASJABAR.COM — Milangkala Paguyuban Pasundan ke 106 menjadi sebuah momentum yang sangat bermakna dimana melewati perjalanan yang panjang untuk sebuah dedikasi memajukan bangsa dan berperan dalam memakmurkan negara Indonesia.

 

Plt Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpas, Dr. Juanim S.E, M.Si. berharap bahwa di milangkala ke 106 ini, Paguyuban Pasundan bisa menjadi organisasi besar yang  disegani oleh masyarakat Jawa Barat secara khusus dan masyarakat di Indonesia pada umumnya serta dapat disejajarkan dengan organisasi lain secara nasional dan internasional.

“Semoga kedepannya Paguyuban Pasundan dapat menjadi wadah  dan penopang peradaban baru yang dilahirkan yang dapat mewarnai kemajuan bangsa Indonesia. Karena pada dasarnya paguyuban pasundan lahir dari bumi pasundan yang memiliki peradaban, kekayaan  intelektualitas dan budaya yang luar biasa. Yang tentu perlu dieksplorasi, perlu dipromosikan, sehingga seluruh masyarakat internasional akan mengetahui keberadaan Paguyuban Pasundan,” terangnya pada Sabtu (20/7/2019).

Juanim mengulas bahwa sejak ia masuk dan terlibat dalam Paguyuban Pasundan pada tahun 1996 hingga saat ini ia rasakan bahwa Paguyuban Pasundan mengalami perubahan ke arah kemajuan yang besar.

“Seperti yang sudah disampaikan oleh Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan, Prof Didi Turmudzi bahwa Paguyuban Pasundan sudah terlihat dan terasa keberadaanya dan manfaatnya terutama untuk anggotanya dan secara umum untuk masyarakat Jawa Barat. Paguyuban pasundan menjadi penopang, dalam memerangi kebodohan,” ulasnya.

Pada prinsipnya, lanjut Juanim pendidikan pada dasarnya merupakan kewajiban negara. Sementara Paguyuban Pasundan dengan mendirikan,  pendidikan dasar, menengah maupun tinggi menunjukkan peran yang luar biasa untuk kemaslahatan peningkatan intelektualitas masyarakat Indonesia.

“Dalam hal ini, fakultas ekonomi dan bisnis tidak akan ada tanpa paguyuban pasundan karena fakultas ekonomi dan bisnis lahir dari visi dan misi paguyuban pasundan yang ingin mengentaskan kemiskinan dan memerangi kebodohan. Sehingga fakultas ekonomi dan bisnis didirikan menjadi salah satu bagian dari misi tersebut, sebagaimana kita ketahui motto Paguyuban Pasundan yaitu pengkuh agamana, luhung elmuna, jembar budayana. Hal tersebut mendasari fakultas ekonomi dan bisnis dalam memberikan pendidikan kepada mahasiswanya,” papar Juanim.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis berkomitmen dapat mendorong para lulusannya untuk memiliki tingkat keimanan dan berpegang teguh pada agama, sehingga menjadi dasar dalam melaksanakan berbagai aktifitas dalam kehidupan, baik bisnis maupun sosial, disamping itu fakultas ekonomi dan bisnis ingin mendorong, meraih cita-cita generasi intelektual, yang didasarkan pada ilmu. Dimana Generasi-generasi yang intelek, memiliki kemampuan, keilmuan dan keimanan dan menggunakan ilmunya untuk kebaikan serta kebermanfaatan.

“Selain itu, lulusannya akan memegang budaya yang bisa mengikuti prilaku orang sunda yang menghargai kepada orang tua, hormat dan meghargai yang muda, melestarikan budaya sunda yang menjadi warisan bangsa indonesia sehingga diharapkan fakultas ekonomi memiliki peran yang cukup baik untuk mendorong kebermanfaatan bagi masyarakat, pendidikan intelektualitas secata umum,” tandasnya.

Terakhir Juanim berharap bahwa  Paguyuban Pasundan bisa menjadi organisasi yang semakin hebat, besar dan bermanfaat, juga dapat  memainkan peran penting bagi negara, berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional. (Tan)

admin

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

10 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

11 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

12 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

13 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

14 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

15 jam ago