Biaya ‘Potong Kulit’ Arya Permana Capai Rp30 Juta

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProses operasi pemotongan kulit yang menggelambir di lengan Arya Permana (13) sudah tuntas dilakukan. Arya bahkan sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya di Karawang pada Senin (29/7/2019).

Biaya untuk operasi ‘potong kulit’ itu tergolong besar, apalagi bagi keluarga Arya yang sederhana. Total, setelah dikalkulasi, biaya operasi dan perawatan Arya mencapai Rp30.700.000.

“Kalau melihat dari billing-nya Rp30.700.000, itu untuk sekali operasi dan perawatan dari 17-29 Juli atau 12 hari,” kata Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi.

Baca juga : https://pasjabar.com/sumringahnya-arya-permana-bocah-raksasa-usai-dioperasi/

Meski biaya itu tergolong besar, orangtua Arya tidak perlu mengeluarkan uang. Bahkan, tidak sepeser pun alias gratis. Itu karena biaya ditanggung BPJS. Selain itu, ada pemberi bantuan yang membayar biaya di luar tanggungan BPJS.

“Mengenai pembiayaan, kami dari RSHS tidak meminta sepeser pun dari keluarga. Semuanya sudah tercover (BPJS) dan alhamdulillah ada penyandang dana,” ungkapnya.

Nina mengatakan, pihaknya sengaja mencari donatur untuk membiayai operasi dan perawatan Arya. Sebab, BPJS tidak menanggung 100 persen pembiayaan. Ia pun bersyukur karena akhirnya ada donatur yang bersedia menambah kekurangan biaya tersebut.

“Ada penyandang dana. Alhamdulillah (keluarga) Arya akhirnya tidak perlu mengeluarkan uang. Ada satu lembaga, ya (berbentuk yayasan),” jelas Nina.

Arya sempat dikenal sebagai bocah raksasa. Itu karena bobot tubuhnya tak lazim. Di usia 10 tahun, beratnya sempat lebih dari 190 kilogram.

Tapi, berbagai upaya dilakukan. Hingga akhirnya, di usia 13 tahun saat ini, Arya sudah terlihat jauh lebih kecil. Bahkan, kini bobotnya sudah kurang dari 90 kilogram.

Meski begitu, ada masalah yang timbul dari kesuksesan penurunan berat badan tersebut. Beberapa kulit di tubuhnya terlihat menggelambir dan membuat Arya tidak nyaman beraktivitas.

Sehingga, perlu operasi pemotongan kulit hingga empat kali. Operasi pada kedua lengan yang sudah dilakukan adalah yang pertama. Selanjutnya, operasi di bagian tubuh lain akan dilakukan secara bertahap. (ors)

 

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

4 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

5 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

7 jam ago