Ngaboseh di Tatar Pasundan Upaya Menyatukan Komponen Bangsa

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Milad Paguyuban Pasundan ke 106, Paguyuban Pasundan menggelar sepeda santai dengan mengangkat tema ngaboseh tur ngamumule lembur pasundan acara “Ngaboseh di Tatar Pasundan” pada Minggu (4/8/2019).

Kegiatan diikuti sekitar 4000 peserta dibuka langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si, didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan (YPT Pasundan) Dr. H. Makbul Mansyur, M.Si, dan Ketua STKIP Pasundan Cimahi, Dr. Dedi Supriadi, M.Pd.

Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si, mengungkapkan bahwa acara ngaboseh ini diangkat, selain untuk merekatkan persaudaraan seluruh civitas dan pegawai dilingkungan Paguyuban Pasundan bersama masyarakat yang telibat juga merupakan wujud perhatian akan pentingnya kesehatan dan kesadaran untuk menjaga budaya hidup sehat.

“Luar biasa, ada 4000 peserta yang hadir tentu hal ini menjadi salah satu upaya dalam menyatukan komponen bangsa. Kami menjadi kita, orang Indonesia. Bagaimana pun juga kehidupan bermasyarakat dan bernegara pasti dalam perjalananya pernah ada gangguan. Oleh karena itu tugas kita semua untuk menjaga keharmonisan  mulai dari diri kita sendiri. Kegiatan ini menjadi penumbuh untuk menjadi warga negara yang semakin mencintai dan membangun negerinya,” tandasnya kepada pasjabar saat melepas peserta di kampus STKIP Pasundan, Jl. Permana No.32 B, Kota Cimahi,, Minggu (4/8/2019).

Sementara itu, Ketua STKIP Dr. Dedi Supriadi, M.Pd.  pun mengulas bahwa acara Ngaboseh di tatar Pasundan dapat mempersatukan warga Jawa Barat  dan tali silaturahim semakin erat. Karena pesertanya tidak hanya yang ada di  Kota Bandung dan Cimahi tapi juga melibatkan club-club sepedah yang ada di berbagai kawasan yang ada di Jawa Barat.

“Alhamdulillah dalam acara ini, STKIP Pasundan menjadi panitia utama, didukung oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan bersama BEM  STKIP Pasundan Cimahi yang dibantu oleh BEM unpas, BEM STIE Pasundan dan STH Pasundan,” terang Dedi.

Adapun jarak yang ditempuh dimulai dari Kampus STKIP Pasundan Cimahi yang terletak Jl. Permana No.32 B, Kota Cimahi. menuju Gedung Paguyuban Pasundan, Jl. Sumatera 41 Kota Bandung dengan rute yang bervariasi mulai dari rute  Funbike dengan jarak 17km , rute Goes tanjakan dengan jarak 27km dan terakhir rute 106km yang diikuti oleh 12 peserta untuk memperingati milangkala HUT 106 Paguyuban Pasundan.

“Kegiatan kali ini baru pertama kali dilaksanakan dan rencananya ditahun-tahun berikutnya akan terus dilaksanakan, mengingat antusiasme yang sangat baik dari peserta, selain itu juga kegiatan ini sangat positif disamping upaya untuk mengakomodir club-club sepedah di Jawa Barat,” terangnya.

Selain ngaboseh ditatar pasundan, peserta yang sampai di Paguyuban Pasundan pun disuguhi dengan senam bersama dan aneka doorprize menarik. (Tan)

admin

Recent Posts

Penurunan Harga Pangan, Cabai Rawit Merah Turun 2,16 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melaporkan penurunan harga mayoritas komoditas pangan pada Jumat…

19 menit ago

Pemkot Bandung Atur Jam Operasional untuk Atasi Kemacetan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, akan segera menetapkan kebijakan utama untuk…

1 jam ago

Harga Cabai Rawit di Kota Bandung Melonjak, Pemkot Klaim Masih Stabil

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga kebutuhan pokok di Kota Bandung mulai mengalami kenaikan, salah satunya adalah…

2 jam ago

KPU Bandung Barat Terima 1,3 Juta Surat Suara untuk Pilkada Serentak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat telah menerima lebih dari 1,3…

3 jam ago

Arti Keadilan Sosial

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) – Keadilan Sosial…

4 jam ago

Persib Tak Gentar Berjuang ‘Sendirian’

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tidak gentar berjuang 'sendrian' menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga…

5 jam ago