Categories: PASPENDIDIKAN

STP Bandung Mewisuda 610 Lulusan dengan Tema “Wonderful Human Resources 4.0”

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung melaksanakan Wisuda tahun 2019 dengan tema Wonderful Human Resources 4.0 di Dome Malabar Kampus STP Jalan Dr. Setiabudhi 186 Bandung, pada Senin (16/9/2019).

Mengangkat tema “Wonderful Human Resources 4.0” acara ini pun diikuti sebanyak 610 orang wisudawan dan wisudawati terdiri dari 28 orang lulusan Pascasarjana, 60 orang lulusan Strata 1, 191 orang Lulusan Diploma IV dan 331 orang lulusan Diploma III.

Adapun Wisudawan Terbaik Tahun 2019 adalah Achmad Rifqi lulus dengan pujian (IPK 3,74), Zero Absensi 2015, 2016 & 2017 dan Penghargaan (Champion of The Year for FITE 2016, Best Speaker for English Debate Competition at Telkom University 2015, Outstanding Research Article, Summer Course at University of Anger France dan Thesis Research in Collaboration dengan Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih).

Berdasarkan hasil Tracer Study tahun 2019 untuk Cohort 2018 sebanyak 23% telah memperoleh pekerjaan sebelum lulus dan sisanya sebanyak 77% memperoleh pekerjaan setelah lulus dengan masa tunggu pekerjaaan selama 3,3 bulan.

Lulusan yang bekerja di luar negeri sebanyak 12% dan sisanya 88% di dalam negeri dengan sebaran di industri pariwisata sebesar 81% dan non pariwisata 19%.

Pada tahun 2019 STP NHI Bandung telah melahirkan 92 orang yang tergabung dalam Batch IV atau 13,2% dari total mahasiswa T.A. 2018-2019 yang mengikuti Program Inkubasi Wirausaha.

“Saya berharap bahwa ke 610  wisudawan dan wisudawati dapat sukses dalam bisnis maupun karir profesional mereka kedepannya.  Selain memiliki skill dari apa yang dipelajarinya selama berkuliah tentunya juga memiliki karakter yang baik,” terang Ketua STP Bandung, Faisal, MM.Par.,CHE.

Faisal menambahkan bahwa STP Bandung senantiasa berupaya menghasilkan lulusan yang mampu menjadi entrepreneur.

“Disamping itu dalam rangka mendukung program Kementrian Pariwisata yakni mengembangkan entrepreneur di bidang pariwisata, STP NHI Bandung turut berkontribusi dengan menciptakan UPA (Unit Practice   Assessment) Enhaii Corner 186 bagi mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan dan telah mengikuti inkubasi di Enhaiipreneur Center,” jelaa Faisal.

Sementara itu Mentri Pariwisata Indonesia, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa lulusan SPT Bandung harus memiliki dan bergerak menjadi entrepreneur.

“yang membuat anak muda kaya adalah ide atau kreatifitas, dengan pembinaan maka akan menghasilkan karya. Saya pun berharap STP Bandung bisa memgembangkan kreatifitas dan kapasitas mahasiswanya lewat  entrepreneurship, digital dan bahasa inggris yang baik,” terangnya.

Arief pun berkata bahwa tema wisuda STP Bandung kali ini sangat menarik sesuai dengan arahan presiden Joko widodo untuk fokus di pembinaan SDM. Sebab SDM unggul Indonesia maju.

“Kita berupaya menuju Tourism 4.0 dimana tourism 4.0 adalah tourism yang digital dan millenial, oleh karena itu STP Bandung harus  memiliki kurikulum digital untuk mendukung hal tersebut,” tandasnya siang itu. (Tan)

admin

Recent Posts

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

18 menit ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

13 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

14 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

15 jam ago