Categories: PASBANDUNGPASBISNIS

Banyak Ruginya Namun Pertamini Diminati Warga Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMeski relatif banyak merugikan pelanggan, namun keberadaan Pertamini cukup membantu masyarakat.

“Keberadaan pertamini yang menjangkau masyarakat sampai ke pelosok, sangat membantu masyarakat. Terutama bagi mereka yang jauh dari keberadaan SPBU,” ujar Direktur Metrologi, Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Rusmin Amin, kepada wartawan Selasa (24/9/2019)

Padahal, lanjut Rusmin, banyak Pertamini yang menjual BBM dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan SPBU resmi.

“Namun, masyarakat sudah sangat bersyukur dengan keberadaan Pertamini yang mudah dijangkau,” terangnya.

Di sisi lain, Rusmin mengatakan, pihaknya juga sulit melakukan pengecekan (tera ulang) terhadap mesin pompa dan dispenser di pertamini. Pasalnya tidak ada aturan yang mengatur hal itu.

“Kalau untuk SPBU, kita bisa melakukan tera ulang, karena ada aturannya. Sehingga,  hak-hak masyarakat juga pasti terlindungi,” paparnya.

Jika ingin melakukan tera ulang, izin dan segala halnya harus clear. Sedangkan Rusmin mengaku pihaknya tidak bertanggungjawab terhadap perizinan. “Saya hanya punya wewenang di bidang tera ulang,” terangnya.

Jumlah pertamini di Indonesia sekitar 200 ribu -300 ribu. Sementara jumlah SPBU 20 ribu.

Dari jumlah SPBU itu, Rusmin mengatakan, ada sekitar 14 kasus kasus pelanggaran. “Sekitar 80% nya berada di Jawa Barat,” tambahnya.

Pelanggaran yang dilakukan adalah, penambahan alat, sehingga takaran yang diterima konsumen, kurang daripada seharusnya.

“Jika terbukti SPBU melakukan pelanggaran, tentu akan kena sanksi. Berupa penyegelan bagian pompa, jadi bukan SPBU nya, melainkan polanya,” terang Rusmin.

Halnya dengan timbangan di pasar tradisonal, Rusmin mengatakan, perlu ada edukasi terhadap masyarakat dan pedagang yang menggunakan timbangan.

“Jika mendapati ada pelanggaran, kami akan memberikan teguran. Tapi jika kesalahan diulang, maka alat timbangan akan disita,” tegasnya. (Put)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

8 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

9 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

10 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

11 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

11 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

11 jam ago