KPU Gandeng ITB Kerjasama E-Rekap PILKADA Serentak 2020

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — KPU RI mengunjungi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Jumat (11/10/2019) Dalam rangka persiapan penggunaan rekapitulasi berbasis elektronik (E-Rekap) pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 di Gedung Rektorat ITB,  Jl. Tamansari No.64, Kota Bandung.

Pemanfaatan teknologi informasi disetiap lini kehidupan saat ini menjadi sebuah keniscayaan Begitu pula dalam kegiatan pemilu. pemanfaatan teknologi informasi telah menjadi kebutuhan yang bisa mempermudah, menyederhanakan hingga mempersingkat waktu.

Terkait pemanfaatan teknologi informasi ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam beberapa waktu terakhir ramai disebut akan kembali menggunakan kemajuan teknologi informasi dalam tugas dan tahapan kepemiluan. Yang terbaru rencana menggunakan teknologi informasi dalam proses rekapitulasi hasil suara Pemilihan Kepala Daerah 2020.

Sebelumnya KPU telah sukses dalam memanfaatkan kemajuan teknologi, baik dalam bentuk Sistem Informasi Penghitungan (Situng), Sistem Informasi Pencalonan (Silon), Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) atau Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Kesemuanya terbukti bahwa teknologi informasi cukup membantu penyelenggara, peserta maupun masyarakat memperoleh informasi kepemiluan yang cepat dan akurat.

Ketua KPU Pusat, Arief Budiman mengungkapkan bahwa kedepan melalui rekapitulasi berbasis elektronik (e-rekap), harapan yang sama juga disematkan agar kerja penyelenggara pemilu bisa lebih mudah, sederhana hingga mempersingkat waktu dan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan bahkan kecurangan dalam proses penjumlahan hasil suara.

“Rentang panjang proses rekapitulasi secara berjenjang yang memakan waktu nantinya bisa dikurangi secara signifikan melalui adanya e-rekap ini sehingga masyarakat dapat dengan cepat mengetahui hasil pemungutan suara tanpa harus menunggu rekap berjenjang tersebut,” jelasnya.

Disamping itu,  lanjut Arief penggunaan e-rekap juga mendukung lahirnya proses demokrasi yang jauh lebih hemat anggaran yaitu anggaran yang harus diketuarkan untuk menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020 dan yang terpenting dapat menjaga kemurnian hasil penghitungan suara dari awal hingga akhir.

“Sebagai lembaga yang menempatkan kepercayaan masyarakat sebagai yang utama, KPU berharap upaya menuju penggunaan e-rekap ini bisa didukung oleh semua pihak agar keterbukaan dan profesionalitas dari setiap proses demokrasi bisa terus berjalan,” tandasnya.

Arief berharap bahwa proses pemilu kedepannya akan berlangsung jujur, adil serta  akuntabel,  proses penyelenggaraan pemilu berjalan baik dan  kepercayaaan publik pun tinggi.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., mengungkapkan apresiasi dan mengucapkan selamat  kepada KPU yang telah berhasil menjalankan pilpres dan pileg 2019 yang sudah berjalan dengan baik dan meraih prestasi yang luar biasa.

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan KPU untuk kerjasama dengan ITB pada tahun 2019 lalu untuk membantu proses berjalannya pilpres dan pileg, kedepannya pun ITB siap untuk membantu KPU,” tandasnya.  (Tan)

admin

Recent Posts

Dinas Pendidikan Kota Cimahi Gelar Gebyar Pesdiktara Tahun 2024

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam rangka meningkatkan minat, bakat, daya saing dan kemampuan para siswa Peserta…

9 jam ago

Pesangon Roberto Mancini Mencapai Rp 339 Miliar

WWW.PASJABAR.COM -- Roberto Mancini dipecat Timnas Arab Saudi. Walaupun demikian, pesangon Roberto Mancini dari Timnas…

10 jam ago

Pelatih Baru Arab Saudi Diumumkan dalam Waktu Dekat

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih baru Arab Saudi, rival Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona…

11 jam ago

Roberto Mancini Berikan Peringatan untuk Arab Saudi

WWW.PASJABAR.COM -- Perpisahan antara Timnas Arab Saudi dan Roberto Mancini tidak dapat terelakan. Sang juru taktik…

12 jam ago

AFC Tak Akui Kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara

WWW.PASJABAR.COM -- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak akan mengakui kemenangan telak Timnas Indonesia U-17…

13 jam ago

Nova Arianto: Garuda Asia Pakai Pemain Pelapis

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto mensyukuri kemenangan 10-0 atas Kepulauan Mariana Utara…

14 jam ago