Categories: PASBISNISPASJABAR

Para Patriot Dilatih untuk Majukan Desa di Jabar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProgram One Village One Company alias Satu Desa Satu Perusahaan terus digencarkan Pemprov Jawa Barat. Salah satu yang dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan menggemleng para pemuda yang akan jadi pendamping di berbagai desa.

Merekalah yang nanti bakal menjadi mentor untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di berbagai desa se-Jawa Barat. Harapannya, mereka mampu berkontribusi membuat BUMDes maju. Sehingga, secara luas manfaatnya akan bisa dirasakan warga desa setempat.

Pelatihan para pemuda-pemudi yang berjumlah 110 orang pun dilakukan. Mereka akan digemleng selama 45 hari di Kabupaten Subang, terhitung mulai 15 Oktober hingga 28 November 2019.

Para pemuda-pemudi yang ikut dalam pelatihan itu disebut sebagai Patriot Desa. Para peserta pelatihan itu terjaring dari hasil seleksi ketat.

“Mereka adalah para pemuda-pemudi terbaik di antara yang baik karena sudah melewati tahapan seleksi yang sangat panjang,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Barat Dedi Supandi.

Ada banyak keahlian dan kompetensi yang diberikan dalam pelatihan tersebut. Setelah pelatihan selesai, apa yang didapat diharapkan bisa diaplikasikan di desa.

Nantinya, desa-desa di Jawa Barat diharapkan semakin maju. Sehingga, masyarakat bisa meningkat kesejahteraannya dan merasakan dampak positif lainnya.

Tapi, untuk membangun desa, perlu keterlibatan berbagai pihak. Karena itu, Dedi mengajak semua pihak terlibat dalam proses pembangunan berbagai aspek di desa.

“Saat ini indeks pedesaan Jabar masih di bawah Jateng dan Yogyakarta. Kita harus bersama-sama membangun desa yang ada di Jabar dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa,” jelas Dedi. (ors)

admin

Recent Posts

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

16 menit ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

2 jam ago

Ribuan Warga Jabar Ikuti Senam Bersama Porpi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan warga dari kabupaten/Kota di Jabar ikuti Senam Bersama Persatuan Olahraga Pernafasan…

3 jam ago

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

16 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

16 jam ago