Categories: HEADLINEPASBANDUNG

Bukan Ular, Ini Hewan Terbanyak yang Ditangani Diskar PB

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKota Bandung dalam beberapa bulan terakhir juga tak luput dari ‘teror’ ular yang hadir di pemukiman warga. Hal ini cukup meresahkan warga.

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung pun banyak melakukan penanganan ular berdasarkan laporan warga. Total, selama 2019, Diskar PB menangani 49 pelaporan terkait ular.

Pelaporan keberadaan ular sendiri ada di urutan ketiga terbanyak animal rescue yang ditangani Diskar PB. Di urutan pertama, yang terbanyak justru terkait sarang tawon yang mencapai hampir 250 pelaporan.

Tapi, dari jumlah itu, baru 193 pelaporan yang tertangani. Sedangkan sisanya masuk daftar tunggu dan dilakukan penanganan bertahap.

“Kita melakukan penanganan bertahap. Yang menyangkut (membahayakan) masyarakat banyak, kita prioritaskan penanganannya,” kata Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra di Kantor Diskar PB Kota Bandung, Selasa (7/1/2020).

Sarang tawon ini biasanya ada di pemukiman warga. Lokasinya relatif sulit dijangkau, misalnya di area dekat atap. Meski begitu, keberadaannya dirasa meresahkan sehingga warga melaporkannya ke Diskar PB untuk ditangani.

Petugas pun melakukan penanganan dengan berbagai cara. Yang terpenting, sarang tawon itu hilang dari lokasi dan tak lagi membuat warga merasa was-was karena takut disengat.

Selain sarang tawon, hewan terbanyak berikutnya yang ditangani adalah kucing dengan 50 laporan selama 2019. “50 kali pelaporan soal kucing ini macam-macam, ada yang terjebak di sumur, terjebak di gorong-gorong, sampai ada yang naik pohon tapi enggak bisa turun,” jelas Kurnia.

Urutan terbanyak berikutnya adalah pelaporan terkait ular sebanyak 49 kali. Selain itu, ada juga lima pelaporan monyet liar, musang lima pelaporan, biawak dua pelaporan, serta burung, kukang, dan bunglon masing-masing satu pelaporan.

Petugas Diskar PB sendiri menurutnya terampil dalam animal rescue. Sehingga, pelaporan dari masyarakat bisa ditindaklanjuti. (ors)

admin

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

2 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

2 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

2 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

2 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

3 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

4 jam ago