Categories: PASBANDUNG

Ragam Keahlian Diskar PB, Tangani Kucing hingga Lepaskan Cincin

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPetugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung bisa disebut multitalent alias punya banyak kemampuan. Apa saja kemampuan mereka?

Yang paling utama tentu mereka piawai menanggulangi kebakaran sebagai tugas utamanya. Di luar itu, para petugas Diskar PB bisa mengatasi berbagai hal, mulai dari penyelamatan orang, manusia, serta hewan.

Salah satu yang menarik tentu penanganan hewan. Mulai dari kucing masuk sumur, ular masuk ke pemukiman warga, monyet liar, biawak, hingga serta berbagai hewan lainnya.

“Sekarang banyak hal apapun yang dilaporkan masyarakat ke kita untuk ditangani,” kata Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra.

Sementara dari penanganan orang, salah satu yang paling menonjol adalah menangani kasus cincin tak bisa dikeluarkan dari jari. Selama 2019 saja tercatat ada 14 kasus yang ditangani.

“Ramai yang datang ke sini itu setelah dua tahun lalu ada yang datang ke sini karena cincinnya tidak bisa dilepas,” ungkap Kurnia.

Uniknya, orang itu datang ke Kantor Diskar PB karena disarankan salah satu rumah sakit di Bandung. Diskar PB dinilai lebih piawai dalam melepas cincin yang tak bisa dilepas.

Setelah penanganan berhasil dilakukan petugas Diskar PB, informasi itu tersebar. Sejak saat itu, Diskar PB seolah punya spesialisasi baru sebagai pelepas cincin.

Penanganan pelepasan cincin biasanya dilakukan di Kantor Diskar PB. Tapi, Diskar juga siap membantu warga melepas cincinnya di rumah jika tidak bisa datang ke kantor.

Tahun lalu, salah seorang warga yang ditolong pun dilakukan di rumahnya. Petugas datang ke sana karena korbannya sudah sepuh dan sakit-sakitan. (ors)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago