Categories: PASBANDUNGPASBUDAYA

Tur Malam Imlek 2020 Ajang Silaturahmi Antarumat Beragama

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKomunitas JAKATARUB (Jaringan Kerja Antar Umat Beragama) bersama  SALIM (Sahabat Lintas Iman)  mengadakan kegiatan Tur Malam Imlek 2020 pada Jum’at (24/1/2020) malam di kawasan  vihara Jalan Klenteng dan Cibadak, Bandung.

Acara ini pun diikuti oleh sekitar diikuti 100 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas, organisasi keagamaan seperti  Mahasiswa UIN Sunan Gunung Jati, KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) Jawa Barat, GKI (Gereja Kristen Indonesia) Jawa Barat, Ikatan Wanita Katolik Jawa Barat, Komunitas Literasi, Komunitas Histori, Komunitas Enterpreneur, dan masayarakat umum lainnya.

“Malam Tur Imlek menjadi ajang untuk bersilaturahmi antar lintas agama, ruang berdiskusi melepas prasangka dimana masyarakat kota Bandung berinteraksi dan menjaga kebersamaan,” tandas Sekjen Jakatarub, Risdo Simangunsong.

Risdo juga mengatakan bahwa dalam rangkaian tur malam imlek ini peserta akan mengunjungi beberapa vihara dan klenteng yang terletak di sekitar Jalan Klenteng dan Jalan Cibadak, Kota Bandung.

“Titik awal tur Imlek kali ini adalah di Klenteng Besar atau Vihara Samudra Bahakti, kemudian berlanjut ke Vihara Tanda Bhakti,  Vihara Dharma Rhamsi,  Majelis Agama Khonghocu Indonesia atau MAKIN Kong Miao,” terangnya.

Peserta yang dibagi kedalam  enam kelompok pun kemudian bergantian mendapatkan penjelasan mengenai vihara dan tradisi imlek sambil melihat dan masuk ke dalam klenteng.

“Dalam kegiatan ini, peserta diperkenalkan mengenai tradisi dan budaya Tionghoa di Indonesia dalam menghayati tahun baru imlek. Disini peserta juga diperkenalkan tentang agama khonghocu, juga Buddhisme Tiongkok,” jelasnya lagi.

Pesertapun nampak antusias mengikuti jalannya tur imlek sambil mencicipi beraneka menu seperti ketan bakar, Mie rebus, Bubur Kacang Hijau dan lainnya yang terdapat di beberapa klenteng.

Risdo pun menambahkan bahwa  pada umumnya banyak orang yang belum tahu seperti apa bentuk dan isi dari dalam kelenteng itu. Oleh sebab itu,  momen ini merupakan waktu yang tepat untuk melihat ritual-ritual dan perayaan malam imlek. (Tan)

admin

Recent Posts

Ledia Hanifa: Kenaikan Biaya UKT Sebagai Langkah Sembrono, Tidak Solutif dan Tidak Nyambung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Melihat keluhan dan penolakan atas kenaikan biaya UKT di berbagai kampus negeri…

4 jam ago

Persib Dipastikan Tampil di Final Liga 1

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung melenggang ke final Liga 1 2023/2024. Kepastian itu didapatkan setelah…

4 jam ago

Cegah Pengangguran Karena Lonjakan Penduduk Paska Lebaran, DPRD Kota Bekasi Minta Pemkot Mendata Penduduk Baru

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Moment mudik Lebaran 2024 memang sudah berakhir. Namun, permasalah kependudukan biasanya terjadi…

8 jam ago

Seminar Nasional Hima Pendidikan Biologi FKIP Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Himpunan mahasiswa Pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan (Hima…

10 jam ago

Marak Aksi Tawuaran Antar Remaja, DPRD Kota Bekasi Beri Perhatian

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kenakalan remaja di Kota Bekasi sudah masuk kategori darurat, jadi bom waktu…

10 jam ago

Rektor Unpas Ingin Lulusan Miliki Sertifikasi Kompetensi

*)Sebanyak 1241 Mahasiswa Unpas Dilantik Menjadi Sarjana BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM –  Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Prof.…

11 jam ago