Paguyuban Pasundan Lantik Pengurus Cabang dan Koperasi Majalengka

ADVERTISEMENT

MAJALENGKA, WWW.PASJABAR.COM–Paguyuban Pasundan menggelar acara pelantikan pengurus cabang, anak cabang dan pengurus koperasi Paguyuban Pasundan Kabupaten Majalengka, pada sabtu (1/2/2020) di STAI PUI Majalengka Jl. Suma No.478 Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Dalam acara ini turut hadir Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan,
Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si., Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana Ketua YPT Pasundan Dr. H. Makbul Mansyur, M.Si, Ketua YPDM Pasundan Dr. T Subarsyah Sumadikara, Anggota DPR RI komisi I sekaligus Dewan Pengaping Mayjen TNI (Purn) DR. H. TB. Hasanuddin, SE, MM dan civitas Paguyuban Pasundan lainnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ia berharap dengan diresmikannya koperasi dan pengurus anak cabang di Kabupaten Majalengka menjadi awal untuk mengembalikan kejayaan pasundan kedepan.

“Mengingat kembali didirikannya Parguyuban Pasundan sejak tahun 1913 oleh para mahasiswa kedokteran, dimana memiliki tujuan ingin mengangkat harkat dan martabat masyarakat Indonesia khususnya orang sunda dengan visi memerangi kebodohan dan kemiskinan, dan koperasi adalah wujud nyata untuk hal tersebut, ” terang Prof Didi.

Prof Didi pun melanjutkan bahwa kini Paguyuban Pasundan terus berkembang keseluruh Indonesia, dalam bidang pendidikan dibawah YPT Pasundan memiliki empat perguruan tinggi, dimana UNPAS menjadi satu dari tiga universitas swasta terbaik di Indonesia, sementara itu dibawah YPDM pasundan memiliki 120 sekolah.

“Untuk Kabupaten Majalengka, Paguyuban Pasundan fokus membangun usaha kecil menengah. Saat ini kami pun tengah mendiskusikan produk yang akan dikembangkan disamping itu juga bagaimana masyarakat Majalengka dapat memanfaatkan sekitar bagi pengembangan perekonomian misalnya keberadaan Bandara Kertajati yang juga mendatangkan wisatawan,” tambahnya.

Prof Didi ingin bahwa para pengurus dan anggota Paguyuban Pasundan Cabang Kabupaten Majalengka yang mampu menjadi garda terdepan, melibatkan diri untuk berinovasi dan mengembangkan usaha agar semakin maju lagi.

“Kita harus maju dan berani, karena jika tidak akan tersingkirkan, oleh karenanya kita harus memiliki karakter petarung bukan pecundang, yang pantang menyerah. Memiliki budaya bisnis, mau beraksi, ikhlas dan gigih dalam mencapai tujuan hidup,” tandas Prof Didi.

Adapun ketua Pengurus Paguyuban Pasundan Kabupaten Majalengka terpilih,
H.O Sukatma Atmaja, MPd. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa koperasi Paguyuban Pasundan ini adalah aplikasi dari apa yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW mengenai ekonomi kerakyatan yang bisa diterapkan pada saat ini.

“Sebelumnya saya juga mengucapkan terimakasih kepada para dewan pengaping, paguyuban pasundan, pengurus sebelumnya yang sudah menyelesaikan kegiatan, dengan baik yang akan dilanjutkan oleh pengurus anak cabang untuk menjaga koperasi paguyuban pasundan, memperluas pengusaha mikro kecil dan menengah. Dan sejalan dengan pemda kabupaten Majalengka juga program kementrian, kita ingin lebih maju seperti apa yang diharapkan,” paparnya.

H.O Sukatma juga menyampaikan bahwa meskipun cabang Paguyuban Pasundan di Kabupaten Majalengka masih memiliki keterbatasan, namun setiap pengurus dam anggota akan tetap menjaga semangat yang ada di dalam diri untuk terus berkembang.

“Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Ir. Soekarno kita harus memiliki asa dan semangat yang diikuti oleh perbuatan. Oleh karena itu visi Paguyuban Pasundan untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan harus diupayakan dengan maksimal. Semoga kita semua dapat menjadi sumber energi untuk Paguyuban Pasundan,” pungkasnya. (Tan)

admin

Recent Posts

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

21 menit ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

1 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

1 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

3 jam ago