Categories: PASBANDUNGPASJABAR

Masih Terbuka untuk Umum Mesjid Al Ukhuwah Disemprot Desinfektan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMeski beberapa masjid Kota Bandung sudah tertutup bagi umum, namun Masjid Agung Kota Bandung (Al-Ukhuwah) akan tetap gelar Sholat Jum’at untuk umum.

Menurut Ketua Harian DKM Masjid Al Ukhuwah Saud Efendi sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona, pihaknya melakukan penyemprotan desinfektan disekitar Masjid Al-Ukhuwah.

“Kami melakukan koordinasi dengan PMI Kota Bandung, untuk melakukan penyemprotan menjelang pelaksanaan Sholat Jum’at” ujar Saud, Kamis (19/3/2020).

Saud mengatakan, sampai sekarang, Masjid Al-Ukhuwah masih menggelar sholat berjamaah, demikian juga dengan Sholat Jum’at.

Namun, untuk itu, Saud mengatakan pihaknya melakukan beberapa persiapan khusus. Selain melakukan penyemprotan, juga menyediakan sabun cuci tangan di tempat wudhu dan toilet.

Selain itu, sebagai tindakan preventif jamaah yang mengikuti sholat berjamaah dalam shaf nya harus diberi jarak.

“Dalam kondisi normal ada jarak dalam shaf solat memang tidak diperbolehkan. Namun, ini kan dalam kondisi tertentu, sehingga diperkenankan untuk menyesuaikan termasuk dalam pengaturan shaf,” terangnya.

Saud menegaskan, pihaknya mengerti jika MUI mengeluarkan fatwa untun menggelar shalat berjamaah di masjid. Itu merupakan cara untuk menekan penyebaran virus Corona.

Namun di sisain Saud menambahkan pihaknya tetap melaksanakan shalat berjamaah namun dengan persiapan dan ikhtiar lain.

“Dengan tanpa mengurangi rasa hormat terhadap rekan-rekan kami yang melakukan ikhtiar dengan cara lain, kami juga punya cara sendiri dengan ikhtiar sendiri. Yang penting kita sama-sama ikhtiar untuk mencegat penyebaran virus Corona,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung Ade Koesjanto mengatakan, selain Masjid Raya Kota Bandung, yang meminta penyemprotan di hari yang sama adalah Masjid Raya Jabar.

Selain instansi, masyarakat juga bisa mengajukan pernohonan untun penyemprotan ke PMI. “Untuk masyarakat dan instansi yang lingkungan ingin disemprot, bisa menghubungi PMI dan Dinas Kesehatan kota Bandung,” terangnya.

Menurut Ade, Untuk sementara ini cairan desinfektan bisa diberikan gratis. Namun karena permintaan pastinakan meningkat, untun masyarakat yang meminta penyemprotan namun kehabisan desinfektan, bisa menyediakan sendiri atau meminta kami untuk menyediakan.

“Jadi mungkin kami akan kenakan biaya penyediaan desinfektan saja. Sementara untuk operasional penyemprotan tidak dikenakan biaya,” terangnya.

Selain masjid, Gereja Katedral juga mengajukan permohonan untuk penyemprotan. Dalam satu titik jatah untuk penyemprotan disediakan 50 liter atau sekitar 15 galon desinfektan.

“Untuk sementara, kami mendapat bantuan dari PMI pusat. Jika habis kitavakan berdayakan desinfektan yang diproduksi oleh SMK Kimia 9 Soekarno-Hatta,” jelasnya. (Put)

admin

Recent Posts

Bawaslu Jabar Temukan 27 Pelanggaran Selama 11 Hari Masa Kampanye Pilkada

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menggelar Deklarasi Pemilu Anti Politik Uang…

9 jam ago

Jambore IJTI Tahun 2024 Digelar di Garut, Angkat Tema Kebencanaan dan Sosialisasi Pilkada

GARUT, WWW.PASJABAR.COM -- Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Pengurus Daerah Jawa Barat (IJTI Pengda Jabar) menggelar…

10 jam ago

STY Berjanji Maksimalkan Potensi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berjanji akan memaksimalkan potensi Eliano Reijnders dan Mees…

11 jam ago

Mateo Kovacic Gantikan Peran Erling Haaland, Man City Kembali Menang

WWW.PASJABAR.COM -- Manchester City kembali memenangkan pertandingan di Liga Inggris 2024-2025 karena penampilan cemerlang Mateo…

12 jam ago

Verro “Membangun Semangat, Mengejar Mimpi”

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Alverro Raja Fairish, yang akrab dipanggil "Verro," adalah seorang remaja berbakat dan berprestasi…

13 jam ago

MotoGP Jepang: Francesco “Pecco” Bagnaia Kalahkan Jorge Martin dan Marc Marquez

WWW.PASJABAR.COM -- Francesco "Pecco" Bagnaia menjadi pemenang MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi, Minggu (6/10).…

14 jam ago