Categories: PASBANDUNG

Petugas Diskar PB Tetap Siap Tempur di Tengah Pandemi Corona

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPandemi virus corona membuat banyak pihak waswas masyarakat. Hal itu juga dirasakan para petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

Sebab, mereka berpotensi bertemu kerumunan orang di tengah penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya. Bisa saja di tengah kerumunan itu ada orang yang terjangkit virus corona dan secara tak sengaja petugas Diskar PB tertular.

“Kekhawatiran ada, karena kita juga takut terkena (virus corona) kan,” ujar Kabid Kesiapsiagaan, Operasi Pemadaman, dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat.

Tapi, hal itu tak akan mengubah standar penanggulangan yang dilakukan ketika menghadapi bencana. Mereka akan tetap beroperasi seperti biasa.

“Kan teman-teman (petugas) di Dsiakr ini karena sudah kewajiban, kita sebagai pelayan masyarakat, abdi masyarakat, pada saat terjadi kebakaran (dan bencana lainnya), kita akan tetap bertugas seperti biasa,” ungkap Yusuf.

Tapi, ada langkah antisipatif yang dilakukan untuk mencegah terjangkitnya virus corona. Para petugas diminta lebih menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Selain itu, setelah melaksanakan pemadaman, kita langsung membersihkan diri di tempat bilas kita. Yang penting memakai sabun antiseptik. Itu tempat bilasnya di kantor, begitu sampai (setelah melakukan penanggulangan bencana), petugas kita langsung bersih-bersih,” jelas Yusuf.

Langkah pencegahan lainnya juga sedang dibahas di internal Diskar PB untuk melindungi para petugas dari virus corona. Tapi, di Kantor Diskar PB, berbagai antisipasi sudah dilakukan, salah satunya menyediakan hand sanitizer sesuai anjuran pemerintah pusat dan daerah. (ors)

admin

Recent Posts

Bawaslu Jabar Temukan 27 Pelanggaran Selama 11 Hari Masa Kampanye Pilkada

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menggelar Deklarasi Pemilu Anti Politik Uang…

5 jam ago

Jambore IJTI Tahun 2024 Digelar di Garut, Angkat Tema Kebencanaan dan Sosialisasi Pilkada

GARUT, WWW.PASJABAR.COM -- Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Pengurus Daerah Jawa Barat (IJTI Pengda Jabar) menggelar…

6 jam ago

STY Berjanji Maksimalkan Potensi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berjanji akan memaksimalkan potensi Eliano Reijnders dan Mees…

7 jam ago

Mateo Kovacic Gantikan Peran Erling Haaland, Man City Kembali Menang

WWW.PASJABAR.COM -- Manchester City kembali memenangkan pertandingan di Liga Inggris 2024-2025 karena penampilan cemerlang Mateo…

8 jam ago

Verro “Membangun Semangat, Mengejar Mimpi”

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Alverro Raja Fairish, yang akrab dipanggil "Verro," adalah seorang remaja berbakat dan berprestasi…

9 jam ago

MotoGP Jepang: Francesco “Pecco” Bagnaia Kalahkan Jorge Martin dan Marc Marquez

WWW.PASJABAR.COM -- Francesco "Pecco" Bagnaia menjadi pemenang MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi, Minggu (6/10).…

10 jam ago