Dompet Kemanusiaan Paguyuban Pasundan Akan Salurkan 1100 APD dan Masker

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Selain pemberian sembako untuk warga Paguyuban terdampak, Dompet Kemanusiaan Pencegahan Covid 19 Paguyuban Pasundan juga akan memprioritaskan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) Untuk Rumah Sakit Jejarin.

Hal ini di sampaikan Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan dr. Hj. Alma Lucyati, M.Kes., M.Si., M.H.Kes. pada Sabtu (4/4/2020) saat pelepasan bantuan kepada masyarakat di kantor PB Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung Jawa Barat.

Alma mengungkapkan bahwa APD merupakan hal yang paling penting bagi tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit yang menangani kasus Covid 19. Di mana dari hasil kesepakan APD akan diberikan kepada rumah sakit jejaring, karena rumah sakit tersebut sudah menangani covid 19 namun karena keterbatasan APD akhirnya memberikan rujukan ke RS Hasan Sadikin dan RS Santosa.

“Jika APD terpenuhi maka daerah bisa menanggulangi sekaligus menjadi lini terdepan di kawasannya. Kami juga telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi, untuk mendata Rumah sakit swasta yang belum tercukupi APD nya, apalagi di daerah yang memiliki banyak pabrik, yang melakukan produksi di dalamnya terdapat tenaga luar negeri maka hal ini menjadi rawan sehingga tempat kesehatan terdekat perlu siap dengan APDnya untuk merawat para pasien yang telah memiliki gejala,” terangnya.

Alma juga mengucapkan terimakasih untuk donasi yang diberikan, di mana saat ini Satgas telah membeli 1100 APD yang telah sesuai standar yang akan diberikan ke Rumah sakit.

“Saat ini sudah ada 100 APD dan sisanya akan menyusul sebanyak 1000 APD sesuai standar  di samping masker bedah yang akan diberikan  ke rumah sakit jejaring yang rawan sesuai arahan dinas provinsi,” ucapnya.

Di samping APD, Dompet kemanusiaan Pasundan pun membeli masker untuk masyarakat. Sebab terang Alma menggunakan masker menjadi hal yang penting dan wajib bagi setiap orang. Untuk masker yang dipakai yakni masker yang terbuat dari kain yang bisa dicuci sesuai dengan standar cuci yang benar.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada  tim penyuluhan yang tidak bosan memberikan informasi kepada masyarakat lewat berbagai cara, untuk meningkatkan derajat PHBS, disamping makanan yang seimbang dan perasaan yang bahagia. Karena ternyata hati yang tenang dan berbahagia dapat meningkatkan daya imunitas tubuh,” tandasnya.

Alma juga menambahkan bahwa penting untuk berada di rumah atau  stay at home, tidak mudik, melakukan social distance, dan mengikuti arahan atau aturan pemerintah, karena jika tidak maka wabah akan semakin lama dan kerugian akan terus bertambah. Oleh karena itu dompet kemanusiaan Paguyuban Pasundan  turut membantu memfasilitasi apa yang dibutuhkan masyarakat  sehingga wabah diharapkan akan cepat berakhir.

Sementara itu, Wakil Dekan III FK Unpas Koordinator Penanganan Medis Satgas Penanggulangan Covid-19 Paguyuban Pasundan Trias Nugrahadi, dr,SpKN (K) juga menyampaikan bahwa dompet kemanusiaan Pasundan pun telah membuat buku pedoman untuk menjadi panduan hidup sehat di tengah wabah covid 19.

“Saat ini di Indonesia masyarakatnya sudan terdampak, sehingga kita harus lebih mawas diri dan  mudah-mudahan kita semua bisa melewati musibah ini,” ucapnya. (Tan)

admin

Recent Posts

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

29 menit ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

1 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

2 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

14 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

15 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

16 jam ago