Categories: PASBANDUNG

Asosiasi Kepala Teknik Tambang Bandung Barat Ikut Aturan PSBB

ADVERTISEMENT

KBB, WWW.PASJABAR.COMAsosiasi Kepala Teknik Tambang (KTT) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Cimahi dan Kabupaten Bandung mendukung kebijakan pemerintah presiden Joko Widodo untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan Covid-19.

Ketua Asosiasi KTT KBB, Cimahi, Kab Bandung, Teguh Marjanto mengatakan, penerapan PSBB diklaim tidak akan menjadikan industri tambang lumpuh. Namun jika lock down, dipastikan keberlangsungan industri tambang khususnya tambang batu hitam anjlok.

Dengan kondisi saat ini saja, sebut Teguh, produk industri tambang seperti batu split, abu batu dan batu pondasi melorot hingga 40%.  Hal itu dipengaruhi tertundanya pembangunan insfrastruktur maupun perumahan baik proyek pemerintah ataupun swasta.

“Penurunan penyerapan produk terhadap pasar turun hingga 40%, kemudian juga dampak dari Covid-19 ini sebagian perusahaan tambang menunda produksi dan karyawan dirumahkan,”ungkap Teguh, Kamis (9/4/2020).

Atas dasar itu, lanjut dia, Asosiasi KTT berpendapat penerapan PSBB di rasa tepat agar sektor ekonomi tambang tetap menggeliat. Asosiasi KTT juga akan turut serta membantu pemerintah melakukan pencegahan wabah virus Covid-19.

“Kita apresiasi langkah presiden Joko Widodo yang menerapkan PSBB, dengan begitu sektor tambang masih bisa bergerak meski tentu saja asumsinya ada penurunan pasar,”sebutnya.

Selain itu, untuk menggugah kesadaran masyarakat pada pencegahan penyebaran Covid-19 pihaknya juga membagikan ratusan masker kepada masyarakat yang dituntut beraktivitas ditengah social distancing seperti pengemudi ojek dan pedagang pasar.

“Kami juga memasang spanduk imbauan di sejumlah titik vital yang ada di KBB, Cimahi dan Kabupaten Bandung. Total ada 50 spanduk berisi anjuran mencuci tangan, menghindari keramaian, pola hidup sehat dan jaga jarak,”tandasnya.

Selain itu aksi seperti ini juga dilakukan di daerah daerah lain diantaranya bogor,purwakarta,cirebon, majalengka.asosiasi KTT berharap wabah virus covid ini bisa cepat selesai. (fal)

admin

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

13 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

50 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

1 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago