Menwa STH Pasundan Sukabumi Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa

ADVERTISEMENT

SUKABUMI, WWW.PASJABAR.COMSejak tahun 2015, Resimen Mahasiswa Mahawarman (MENWA) kembali hadir di kampus Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan Sukabumi, untuk mengembangkan diri dan menumbuhkan jiwa nasionalisme mahasiswa setelah sempat vakum.

“Menwa STH Pasundan pada awalnya sudah berdiri sejak tahun 1983. Di mana pada saat itu dikomandani oleh Detasemen Sukabumi Yang bernama Dadang Harianto, namun sempat hilang karena tidak ada penerus dan pada tahun 2015 UKM ini kembali berkegiatan, terus merintis dan berbenah untuk membentuk UKM MENWA yang lebih baik lagi,” terang Komandan MENWA Satuan STH Pasundan Sukabumi, Krista Valentina Pakpahan, belum lama ini kepada www.pasjabar.com.

Adapun visi dan MENWA, lanjut Krista adalah merujuk pada Panca Dharma Satya yaitu janji Resimen Mahasiswa Indonesia yang berisi menjadi mahasiswa warga Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, menjadi mahasiswa yang sadar akan tanggung jawab serta kehormatan akan pembelaan negara dan tidak mengenal menyerah serta menjadi Putra Indonesia yang berjiwa ksatria dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan.

“Kami juga berpegang, untuk mahasiswa yang menjunjung tinggi nama dan kehormatan Garba Ilmiah dan sadar akan hari depan Bangsa dan Negara, dan menjadi mahasiswa yang memegang teguh disiplin lahir dan batin, percaya pada diri sendiri dan mengutamakan kepentingan Nasional di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” tandasnya.

Adapun agenda rutinan UKM MENWA yaitu, setiap seminggu atau dua minggu sekali selalu mengadakan Giat BINJAS serta PBB , mengadakan piket setiap hari dan kegiatan PAM setiap ada acara-acara besar di kampus.

“Untuk kegiatan UKM MENWA, karena saat ini masih merintis kembali dan masih membutuhkan anggota yang cukup untuk mengadakan kegiatan besar maka sejauh ini kami masih ikut bergabung di kegiatan UKM lainnya, dan setelah wabah COVID selesai UKM MENWA akan mengadakan event PBB tingkat KO/KAB Sukabumi dan Lempis (Lempar pisau),” ungkapnya kepada pasjabar Jum’at (25/4/2020).

Untuk prestasi sendiri, UKM MENWA pernah mendapat juara kedua dengan mendali perak di KEJURDA KICK BOXING tahun 2018  yang diraih oleh Ronal Fernandis dan rencana kedepannya selain melakukan GIAT untuk mengembangkan keilmuan bagi anggota MENWA juga akan mengadakan perlombaan.

“Ke depan saya berharap untuk UKM MENWA STH Pasundan semoga jiwa-jiwa panca dharma satya yang melekat di dalam anggota UKM MENWA bisa menjadi contoh yang baik kepada teman-teman mahasiswa yang lain,  dengan beda nya UKM MENWA ini yang didik secara militer,  dan menjadi garda terdepan di lingkungan kampus, serta bertambahnya minat mahasiswa untuk mengikuti UKM MENWA di STH Pasundan ini agar dapat terus berkembang seperti UKM lain dan dapat terwujud rencana-rencana untuk kedepannya,” tandas Krista. (Tan)

admin

Recent Posts

Langkah Komang Terhenti di Perempat Final Thailand Open 2024

www.pasjabar.com -- Langkah Komang Ayu Cahya Dewi di Thailand Open 2024 harus terhenti pada babak…

5 menit ago

Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam Jabar Gelar Aksi Dukung Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam (FPMI) Jawa Barat…

1 jam ago

Pj Gubernur Jabar Minta DPRD Dukung PPDB Transparan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meminta dukungan DPRD Jabar dalam pelaksanaan…

3 jam ago

Gagal Konstatering Lahan, Pengacara Ahli Waris Geram

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Pengadilan Negeri (PN) Bandung dan tim hukum ahli waris kembali gagal melakukan konstatering…

5 jam ago

Pj Gubernur Jabar Datangi Lokasi Longsor Gununghalu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Hingga hari ke tiga, akses jalan yang menghubungkan dua kabupaten yakni Kabupaten Bandung…

5 jam ago

Pj Bupati Cirebon Resmi di Lantik, Ini pesan Bey Machmudin

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Pejabat Bupati Cirebon yang dijabat oleh Wahyu Mijaya kini sudah resmi di lantik…

6 jam ago