Categories: PASBANDUNGPASJABAR

Jabar Tak Perlu Menyulap Gedung untuk RS Darurat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap progres positif dari penanggulangan pandemi virus corona atau COVID-19 di Jawa Barat. Saat ini, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit mengalami penurunan signifikan.

“Rumah sakit di Jabar malah sekarang turun perawatan pada pasien positifnya. Akhir April 420-an, minggu ini sudah 300-an pasien,” kata Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, belum lama ini.

Hal ini dirasa menggembirakan. Sehingga, besar kemungkinan Jawa Barat tak akan menyulap gedung untuk dioperasikan menjadi rumah sakit darurat seperti yang dilakukan di DKI Jakarta.

“Jadi, kami tidak perlu seperti Jakarta mengonversi gedung-gedung untuk jadi rumah sakit darurat,” ucap Emil.

Kabar itu menurutnya jadi hal manis bagi para tenaga kesehatan yang berjuang sebagai garda terdepan penanganan COVID-19. Apalagi, jumlah pasien yang meninggal juga terus berkurang jika dibandingkan beberapa waktu lalu.

“Ini hadiah buat para dokter, perawat, bahwa tingkat kesembuhan naik dua kali lipat. Yang meninggal rata-rata tujuh orang per hari, sekarang hanya empat orang per hari,” tuturnya.

Ia pun berharap tren positif itu terus berlanjut. Apalagi, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jawa Barat diberlakukan mulai 6-19 Mei 2020 ini. Hal ini diharapkan turut mempercepat penanggulangan COVID-19 dan pandemi segera berakhir.

“PSBB (Jawa Barat) ini kami berlakukan karena PSBB berhasil secara ilmiah menurunkan kecepatan (penyebaran dan penularan virus corona). Dulu Bodebek kecepatan virus itu 1,27 indeksnya. Barangsiapa di atas 1, itu enggak bagus. Barangsiapa indeksnya di bawah 1, itu artinya virus terkendali. Kira-kira begitu teori kesehatannya,” jelasnya.

Di kawasan Bodebek sendiri saat ini indeks kecepatan virus corona hanya 1,07. Ini dianggap sebagai progres yang sangat positif, salah satunya berkat pelaksanaan PSBB. Penurunan serupa juga terjadi setelah PSBB Bandung Raya.

“Itu sudah lumayan, sedang kita tarik lagi supaya (indeksnya) di bawah 1, supaya bisa dikendalikan. Bandung Raya juga sama,” uja Emil.

Alasan lain penerapan PSBB Jawa Barat adalah indeks kecepatan penularan COVID-19 di daerah di luar Bodebek dan Bandung Raya justru meningkat pesat. Sehingga, PSBB Jawa Barat dinilai langkah tepat yang perlu dilakukan.

“Pada saat Bandung Raya dan Bodebek sedang PSBB, sisanya 17 kabupaten/kota (tidak melaksanakan PSBB). Ternyata yang tidak PSBB kecepatan penularan virusnya malah nyusul dengan yang PSBB,” paparnya.

“Itulah kenapa kami putuskan mulai Rabu kemarin seluruh Provinsi Jabar yang 27 kabupaten/kota dan 50 juta orang (rakyat Jawa Barat) kita PSBB-kan,” tandas Emil. (ors)

admin

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

8 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

9 jam ago

Akses Jalan Ditutup Tembok Setinggi 3 Meter, Akses Warga Terganggu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah gang di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ditutup tembok. Akibatnya…

9 jam ago

Pemkot Bandung Siap Hadapi Musim Hujan, Fokus Antisipasi Banjir dan Sampah Liar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi…

9 jam ago

Peningkatan Produksi Pertanian dalam PKM di Sumedang

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi…

9 jam ago

Cagub Acep Bertemu Masyarakat Tionghoa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Acep Adang mengawali kampanye politiknya…

9 jam ago