Categories: PASBANDUNGPASJABAR

Melatih Anak Bertanggung Jawab Lewat Ular

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Ular sering dianggap sebagai hewan berbahaya. Ya, untuk jenis ular tertentu memang berbahaya, bahkan mengancam nyawa. Tapi, ada beberapa jenis ular yang aman untuk dipelihara.

Memelihara ular juga diperbolehkan untuk anak-anak. Namun, tentunya harus dipastikan jenis ular yang dipelihara si kecil memang aman dan tentunya tidak berbisa.

Menurut pemerhati ular Andi Yudha Asfandiyar, memelihara ular bagi anak-anak memiliki manfaat tersendiri. Yang paling besar adalah melatih mereka bertanggung jawab.

Sebab, ketika memutuskan memelihara ular, anak harus konsekuen dan konsisten untuk merawatnya. Orang tua pun harus menegaskan kepada anak bahwa ular yang dipelihara harus dirawat dengan baik.

“Memelihara ular itu melatih (anak agar bertanggung jawab),” ujar Andi.

Berbeda dengan hewan peliharaan lain, menurutnya ular jauh lebih mudah dipelihara. Perawatannya pun tak rumit. Dalam urusan pakan misalnya, ular cukup diberi makan sekali untuk beberapa hari.

“Ular itu jenis peliharaan yang enggak ribet karena enggak harus dikasih makan setiap hari. Paling cepat itu seminggu sekali. Kecuali kalau masih dalam masa pertumbuhan, itu dua sampai tiga hari sekali,” ungkap Andi.

Dengan pemberian pakan yang tidak rumit, ular jauh lebih mudah dirawat oleh anak-anak. Perawatan kandangnya juga tak memerlukan waktu yang banyak.

Namun, sebelum memutuskan membolehkan anak memelihara ular, orang tua harus memastikan beberapa hal. Yang paling utama tentu memastikan ularnya tak berbahaya.

Kedua, anak harus berkomitmen untuk merawat hewan peliharaannya. Sebab, anak-anak biasanya cenderung mudah bosan terhadap sesuatu, termasuk mengurus hewan peliharaan. Bisa saja mereka hanya semangat di awal, tapi kemudian malas merawatnya.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting agar ular yang dirawat anak bisa terpelihara dengan baik. Orang tua harus menjadi mentor sekaligus pengingat saat anak malas merawat ular peliharaannya. (ors)

admin

Recent Posts

Sumpah Pemuda dan Kebangkitan Pemuda Sunda

Oleh: Firdaus Arifin, Dosen YPT Pasundan Dpk FH Unpas (Sumpah Pemuda) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pada…

2 menit ago

Jelang Hadapi Persik Kediri: Persib Bandung Lelah, tapi Tak Akan Menyerah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tengah berada dalam kondisi tak diuntungkan. Kelelahan demi kelelahan benar-benar…

3 jam ago

Misi Besar dan Berat Persib di Kandang Persik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib bandung bakal dijamu Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 di…

4 jam ago

Imperialisme Baru

Oleh: Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si, Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan (Imperialisme…

5 jam ago

Hari Pangan Sedunia di Bandung: Kolaborasi untuk Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 di Kota Bandung diselenggarakan dengan meriah pada…

17 jam ago

KPU Jabar Mulai Distribusi 70 Juta Surat Suara untuk Pilkada Serentak 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat resmi memulai distribusi surat suara untuk…

18 jam ago