Jaga Kondisi Badan Ketika Puasa, Hindari Makanan Ini Saat Sahur

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMenjaga kesehatan atau kondisi badan ketika berpuasa di tengah masa pandemi memang membutuhkan perhatian ekstra, terang Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Puteri Aisyaffa.

Hal ini karena pertama dari pola tidur sedikit banyak akan terganggu dan yang kedua, karena merasa lebih lapar, kita cenderung lebih malas untuk bergerak dan ketiga kita tidak bisa makan untuk memenuhi nutrisi harian dari subuh hingga petang. Semu hal tersebut dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

“Nutrisi yang baik saat sahur memiliki peranan penting agar puasa tetap kuat dan sehat. Masih banyak orang Indonesia yang belum sadar bahwa sahur itu kunci supaya badan kita lebih tahan banting saat berpuasa. Karena aktifitas dari pagi sampai maghrib sangat membutuhkan dukungan dari nutrisi yang kita makan ketika sahur. Jadi sangat disayangkan kalau kita melewatkan waktu pengganti sarapan ini,” ujarnya.

Wanita yang kerap disapa Aisya ini menjelaskan juga bahwa walaupun kita sudah menjalankan sahur, sebaiknya menghindari konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi.

Hal Ini bisa berupa makanan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie, bihun, roti serta makanan dengan tambahan gula buatan. Aisya mengatakan jenis ini dapat menaikkan kadar gula darah secara signifikan. Sehingga badan lebih cepat lemas dan mudah mengantuk.

Makanan kemasan seperti sardine kaleng, sosis, nugget, mie instan, kecap dan saos. Tipe makanan ini mengandung natrium yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan tekanan darah yang tentunya tidak baik untuk tubuh.

Makanan dengan lemak tinggi. Biasanya seperti makanan yang digoreng, bersantan serta bahan makanan seperti jeroan dan daging merah. Meskipun rasanya enak, ini dapat mengakibatkan kenaikan asam lambung.

Adapun Kopi dan teh sebaiknya dihindari saat sahur, karena keduanya bersifat diuretik. Hal ini bisa menstimulasi pengeluaran cairan lebih banyak dari dalam tubuh, melalui air seni maupun keringat. Sehingga tubuh lebih cepat dehidrasi.

“Saat sahur sebaiknya lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Karena selain kandungan vitamin dan mineralnya bagus untuk mendukung fungsi sistem tubuh, jenis makanan ini juga tinggi dengan serat yang baik untuk sistem pencernaan,” tambahnya lagi.

“Nah, supaya lebih yakin dengan asupan nutrisi kita, sebaiknya setiap sahur juga mengonsumsi multivitamin yang dosisnya seimbang dan tidak berlebih seperti YOUVIT. Walaupun gummy multivitamin ini lengkap dengan 10 vitamin dan 2 mineral, angka kecukupan gizinya sudah sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI. Karena kalau melebihi dosis, jangka panjangnya tidak bagus untuk kesehatan ginjal kita,” ucapnya.

Saat ini, YOUVIT juga membuka hotline khusus (linktr.ee/haloyouvit) untuk tanya jawab seputar nutrisi dan gaya hidup sehat. Di mana pertanyaan dari masyarakat akan langsung ditanggapi olehnya dan rekan Rachel Olsen. Untuk membantu memberikan informasi yang benar atau hoaks di tengah pandemi.(*/Tan)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

2 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

3 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

4 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

5 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

5 jam ago